Brilio.net - Sebuah video viral di jagat TikTok. Melalui akun @boysanbs pada Jumat (9/9) lalu, pemilik akun ini membagikan sebuah video yang cukup viral. Terlihat, seorang pria dalam video tersebut tengah berbelanja di sebuah bazar belanjaan.

Uniknya, pria ini menawar barang yang ingin dibeli dengan sebutan "Jokowi". Hal ini lantas membuat warganet penasaran. Sang penjual pun dengan menjawab dengan bilang, "Jokowi 50 ribu," ujarnya.

Belanja pakai nama Jokowi Berbagai sumber

foto: TikTok/@boysanbs

Pada momen selanjutya, pria dalam video ini menjelaskan bahwa nama Jokowi memang sangat populer di Arab Saudi. Dirinya mengungkap, saking populernya nama Presiden RI ini dijadikan kata pengganti untuk kata Rupiah dalam menjajakan harga dagangan oleh para penjual.

Belanja pakai nama Jokowi Berbagai sumber

foto: TikTok/@boysanbs

"Jadi kalau mau belanja, kita tanya berapa harga Jokowi, yang jawab pasti ada Rp50 ribu, Rp100 ribu," kata pria pemilik akun @boysanbs dalam video.

Bukan hanya kata ganti Rupiah. Bahkan, para pedagang di negeri tujuan ibadah haji tersebut mengganti kata Indonesia menjadi Jokowi.

"Agak sedikit unik sih belanja di sini saking terkenalnya Jokowi. Jadi pengganti Indonesia is Jokowi," lanjutnya.

Belanja pakai nama Jokowi Berbagai sumber

foto: TikTok/@boysanbs

Dalam video ini, ditunjukkan momen saat menyambangi ke setiap pedagang. Setiap pria ini menyebut kata Jokowi, si pedagang yang paham langsung menyebut harga dengan nominal yang sesuai dengan harga mata uang Rupiah.

"5 100 ribu Jokowi," kata wanita penjual peci.

"Jokowi, 50 ribu satu," seru sang penjual baju.

Belanja pakai nama Jokowi Berbagai sumber

foto: TikTok/@boysanbs

Video yang sudah ditonton sebanyak 2,9 juta kali ini, menuai banyak komentar dari warga TikTok yang tertarik menonton video ini.

"Kalau kita kasih kode Jokowi = Indonesia maka mereka menyesuaikan ke nilai rupiah, mereka tidak sebut nama mata uang arab/dollar kira-kira begitu," kata pemilik akun @aquariusman29 turut memberi penjelasan.

"Indonesia berarti punya ciri khas ya cukup sebut pak Jokowi aja dah ngerti," kata akun @lieefa5.

"Hahaha pengen ketawa,, tapi keren ahh sampe sebegitu terkenalnya presiden Indonesia," kata pemilik akun @fenti.fasrn terkesan.

"Bangga menjadi rakyat Indonesia. Ya Allah semoga suatu saat nanti aku bisa menginjakkan kaki di tanah suci. Bismillah, aamiin," kata akun @bortam18.

"Alhamdulillah di Madinah dan Mekkah. Uang Rupiah termasuk alat jual beli yg sah, jadi gak perlu tukar Real. Pengalaman umroh tahun 2015," @doel_d2

"Bener. Cerita bapakku waktu umrah, pak Jokowi memang terkenal di Arab Saudi," ujar @way_way.10 sedikit bercerita.

@boysanbs Belanja di Arab bisa pake nama Jokowi? Real ini nyata… #jokowidodo #jokowi suara asli - Boy San