Brilio.net - Menulis merupakan bakat yang dimiliki oleh sebagian orang. Namun tak semua orang bisa menulis dengan baik. Pasalnya menulis bukan hal yang mudah, membutuhkan pemikiran yang kreatif dan panjang. Terkadang, dalam menulis juga banyak sekali kendala yang terjadi, salah satunya buntu inspirasi. Oleh sebab itu, rajin membaca jadi modal utama seseorang bisa menulis.

Saat ini, sudah banyak sekali platform yang menjadi wadah untuk penulis pemula menuangkan kreativitasnya. Apalagi, bila tulisan kita dilirik oleh penerbit, tentu menjadi kebanggaan tersendiri.

General Manager Business Development Mizan Publishing, Syahrir, menjelaskan ada beberapa kriteria yang menarik penerbit untuk menerbitkan karya seorang penulis.

"Kalau genre remaja tentu buat kami ada standar editorial yang kami punya. Kemudian sebelum diserahkan naskahnya, tidak harus viral, tapi terekspos di media sosial dengan cukup baik. Itu menarik buat kami," kata Syahrir media di Jakarta belum lama ini.

Selain itu juga karya tersebut memiliki nilai-nilai tertentu yang ingin disampaikan. Apalagi jika si penulis mengambil isu-isu terkini dalam kehidupan sosial.

"Misalnya mengangkat isu krisis kepercayaan diri. Walaupun genrenya romance, tapi yang lebih disukai anak-anak milenial. Tetapi mengandung pesan-pesan positif juga," lanjut Syahrir.

Selain itu, sebuah karya yang mengolaborasikan unsur humor, romance, dan persahabatan dinilai menarik, terutama untuk menyasar pembaca remaja. Ditambah dengan exposure yang tinggi pada sebuah karya bisa membuat karyamu dilirik penerbit.

"Teman-teman penerbit mengejar yang pembacanya tinggi. Tinggal standar-standar penerbit saja, dari sisi konten saja," pungkas Syahrir.