Brilio.net - Pramoedya Ananta Toer, seorang penulis legendaris Tanah Air, pernah menyatakan 'Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.'

Sampai sekarang, sekalipun profesi penulis masih belum terlalu dianggap mantap, faktanya banyak kaum muda yang mulai merambah dunia kepenulisan. 'Demam' ini bukan hanya dialami kaum awam saja, sederet artis papan atas Indonesia juga membuktikan diri mereka bisa berkarya melalui sebuah buku.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut 13 artis Indonesia yang 'bekerja untuk keabadian', Sabtu (30/9).

1. Happy Salma - Hanya Salju dan Pisau Batu

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Dalam bukunya 'Hanya Salju dan Pisau Batu', peraih Piala Citra kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia tahun 2010 untuk film '7 Hati 7 Cinta 7 Wanita' ini berkolaborasi dengan Pidi Baiq, penulis novel tersohor 'Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990'.

Menurut beberapa review di Goodreads, konten buku dari wanita yang mencintai dunia teater ini sarat makna atau hikmah sekaligus humor khas masing-masing penulis, baik Happy maupun Pidi. Dan konsep penulisan buku ini seperti saling membalas tulisan satu sama lain, Happy berkata A, Pidi menimpali, begitu seterusnya.

2. Fitri Tropika (Rakhmawati Fitri) - Kening

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Presenter sekaligus komedian ini terkenal sangat kocak. Kekocakan inilah yang dia tuangkan pula ke dalam bukunya bertajuk 'Kening' pada tahun 2011 lalu. Mengutip komentar dari akun Goodreads, Ibnumaroghi, berikut pernyataannya tentang buku milik artis yang mengakhiri masa lajang pada tahun 2014 lalu ini:

"Pengalaman hidup yang ditampilkan dalam kisah Kening ini begitu memikat. Jarang ada sosok entertaint yang meski dalam profesinya begitu memukau, dalam kisah tulisannya dijamin memukau pula.

Jarang, dan itu bukanlah sebuah bakat dari lahir. Percaya sama saya, cerita mengharukan takkan terasa mengharukan jika tak ditulis dengan sastra yang mengagumkan. Dan Fitrop adalah role-model dari artis yang keduanya memiliki poin plus
tersebut."

3. Tamara Geraldine - 1874

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Presenter olahraga kawakan ini pun pernah menulis buku pada tahun 2014 lalu. Buku wanita 41 tahun ini berisi kumpulan cerita pendek yang satu sama lain tidak saling berkaitan.

1874 sendiri mengusung tema-tema 'suram' seperti perpecahan keluarga, perselingkuhan, namun dibalut dengan setting kalangan berkelas atau eksklusif.

4. Oki Setiana Dewi - Cahaya di Atas Cahaya: Catatan Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Wanita cantik berhijab satu ini menorehkan kisah perjalanannya selama satu bulan beribadah umroh pada tahun 2012 di Makkah bersama ibu dan uaknya (panggilan terhadap kakak dari ayah atau ibu).

Tokoh utama wanita dalam film 'Ketika Cinta Bertasbih' (2011) ini bukan hanya beribadah umrah, namun juga mempertajam kemampuannya menghafalkan Al-Quran.

Selanjutnya istri dari Ory Vitrio ini, di dalam bukunya ini menuliskan kisah dia bersilaturahmi dengan teman-temannya di Makkah sekaligus belajar di Umm al-Qura University.

5. Indra Herlambang - Kicau Kacau

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 39 tahun lalu ini dikenal orang sebagai presenter acara gosip yang begitu nyinyir. Namun siapa sangka dia menuangkan kenyinyiran berbobotnya dalam sebuah buku dengan sampul kuning ngejreng pada tahun 2011 lalu?

Buku ini dibalut dengan gaya bahasa khas Indra yang kocak namun kritis, walau bisa dibilang subjektif. Kicauan Indra dalam buku ini mencakup tentang gaya hidup, relasi, Jakarta, bahkan keluarga.

6. Dewi 'Dee' Lestari - Supernova

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Mantan personel grup vokal Rida Sita Dewi (RSD) ini menelurkan novel 'Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh (Supernova #1)' pada tahun 2001. Selanjutnya, dia menuliskan Supernova seri selanjutnya sekaligus beberapa kumpulan cerita yang terangkum dalam Filosofi Kopi, Madre, dan Rectoverso.

Bahkan novel karyanya yang menyasar anak muda, Perahu Kertas, sukses besar menjadi sebuah film yang diperankan Maudy Ayunda dan Adipati Dolken pada tahun 2012 lalu.

7. Pevita Pearce - Our Notebook : Peace in Mind, War at Heart

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Artis yang telah membintangi banyak film, seperti Denias, Lost in Love, 5 cm, sampai Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, juga unjuk gigi dalam dunia kepenulisan. Melalui 'Our Notebook : Peace in Mind, War at Heart', dia menuliskan kisah yang disebut-sebut merupakan kisah pribadi.

Akan tetapi tidak diketahui kisah pribadi itu dirinya sendiri atau orang terdekatnya. Buku dengan ketebalan 127 halaman yang terbit pada 2014 lalu ini, juga berisi kumpulan foto-foto gadis kelahiran Jakarta 22 tahun tersebut.

8. Shandy Aulia - Incomplete: My Life, My World, My Story

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Artis yang melejit namanya melalui film yang diangkat dari novel laris berjudul sama yakni Eiffel... I'm in Love ini menulis tentang kisah perjalanan hidupnya pada tahun 2014 lalu.

Buku yang ditulis istri David Herbowo ini disebut-sebut mengandung unsur inspiratif dan motivasi yang menyuguhkan nilai bahwa gemerlapnya dunia hiburan tidak seperti yang dilihat, pun artis yang disangka hidup serba wah, bisa saja memiliki masa lalu yang penuh lika-liku.

9. Pandji Pragiwaksono - NASIONAL.IS.ME

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Pria kelahiran tahun 1979 ini memang terkenal sebagai penyiar radio, presenter televisi, bahkan seorang rapper. Nah, pada tahun 2010 lalu, dia menulis buku bertajuk NASIONAL.IS.ME yang bertema kebangsaan dan berupaya mengobarkan persatuan bangsa, terutama di kalangan anak muda. Bahkan Pandji sendiri terkenal sering mempropagandakan nasionalisme di kalangan anak muda.

Selanjutnya, Comic stand-up comedy satu ini menulis buku-buku lain, seperti Berani Mengubah dan Merdeka Dalam Bercanda.

10. Peggy Melati Sukma - Kujemput Engkau di Sepertiga Malam

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Wanita yang sempat bermain sinetron 'Gerhana' (1999) bersama Pierre Rolland dan Ruhut Sitompul ini, menuliskan buku bernuansa religi pada tahun 2014 lalu.

Buku dengan ketebalan 396 halaman ini dapat dikatakan merupakan autobiografi Peggy dalam menemukan hidayah dalam keyakinannya.

11. Rachel Amanda -AndaiKita

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Mantan artis cilik Rachel Amanda akhir Juli lalu telah meluncurkan sebuah buku berjudul AndaiKita. Buku yang ditulis bersama rekannya Keshia Deisira ini berisikan kumpulan puisi yang bertemakan cinta. Buku ini sendiri saat ini mendapat rating 3,42/5 dari situs Goodreads. Lumayan kan untuk penulis pemula?

12. Jessica Iskandar - Jedar Power; Love, Life, Lord

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Setelah cukup lama rehat dari dunia industri hiburan Tanah Air, Jessica Iskandar kembali muncul dengan berita yang cukup menghebohkan terkait kehamilannya 2014 lalu. Namun ditengah maraknya gosip yang beredar, Jessica Iskandar atau yang sering disapa Jedar ternyata juga meluncurkan sebuah buku.

Buku berjudul Jedar Power; Love, Life, Lord ini terbagi menjadi 3 bagian yang menceritakan kisah hidup Jedar. Buku setebal 176 halaman ini menguak rahasia-rahasia yang selama ini menjadi kabar burung terkait dirinya. Wah udah pada baca belum?

13. Yuni Shara - Yuni Shara: Waktu Terbaik Adalah Saat Ini

Artis yang juga menulis © 2017 brilio.net

Seleb awet muda Yuni Shara baru saja meluncurkan buku terbarunya tanggal 27 September lalu.

Buku berjudul Yuni Shara: Waktu Terbaik Adalah Saat Ini memuat kisah kehidupan Yuni Shara. Kisah kehidupan yang dimuat tidak sebatas pada kesehariannya namun juga mencakup sudut pandangnya terhadap kisah kegagalan rumah tangganya dan statusnya sebagai seorang janda.

Itu 13 selebriti Tanah Air yang tak hanya pandai berakting namun juga lihai menulis. Buku mana yang udah kamu baca?