Brilio.net - Kehidupan selebriti Tanah Air tidak selalu glamor dan dikelilingi oleh orang-orang dengan gaya hidup yang tak kalah cetar. Buktinya beberapa selebriti berikut ini punya jiwa sosial yang tinggi dan peduli terhadap sesama.

Mulai dari Cinta Laura hingga Wali Band, mereka memutuskan untuk turut berkarya membantu anak bangsa lewat pendidikan. Nggak tanggung-tanggung, mereka bahkan sampai bangun sekolah loh.

Berikut kisah lima artis Tanah Air dirikan sekolah gratis yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/9).

1. Wali Band

Seleb yang bikin sekolah graetong © 2017 brilio.net

Loading...

Sejak tahun 2013 silam, grup band Wali lewat program Wali Care mendirikan sebuah sekolah untuk anak-anak kurang mampu.

Kegiatan belajar mengajar diadakan 2 kali seminggu. Di hari lain, gedung sekolah dipakai untuk tempat pengobatan yang juga gratis lho. Wow, ini semangat anak bangsa yang patut dicontoh!

2. Erix Soekamti

Seleb yang bikin sekolah graetong © 2017 brilio.net

Erix, member Endank Soekamti mendirikan sekolah dengan nama DOES University. Sekolah gratis ini menerima generasi muda yang pengen fokus ke tiga bidang ini: animasi, compositor dan 3d modeller.

Nggak seperti sekolah yang formal, DOES University lebih informal namun tetap serius. Para pengajar saja dipilih yang sudah berpengalaman. Wah tertarik coba?

3. Alena

Seleb yang bikin sekolah graetong © 2017 brilio.net

Alena Wu kini semakin aktif di dunia sosial. Buktinya adalah adanya Alena Free Foundation. Proyek ini adalah program sekolah gratis untuk anak-anak kurang mampu. Dikutip dari beberapa sumber, Alena kabarnya banyak mendapat teror dan ancaman sejak lembaganya didirikan 2009 lalu.

Namun kini sekolah impiannya masih tetap berjalan. Sekolah ini kemudian dinamakan Alena Sahabat Anak. Dengan jumlah murid sekitar 100an anak setiap pertemuan, program Alena ini terbilang sukses. Luar biasa Indonesia punya Alena dan kawan-kawan.

4. Zaskia Adya Mecca

Seleb yang bikin sekolah graetong © 2017 brilio.net

Zaskia baru-baru ini mengutarakan keinginannya mendirikan pesantren kilat tempat anak-anak tiap sore bisa belajar ngaji. Sekolah dengan nama Taman Pendidikan Alquran ini sebenarnya sudah berdiri satu tahun.

Namun program ini bentuknya online. Jadi Zaskia dan 60 guru pengajarnya yang akan datang ke rumah-rumah untuk mengajar. Kini program ini sudah mempunyai sekitar 100 murid dan Zaskia berencana untuk membuat kantornya segera. Sukses buat Zaskia!

5. Cinta Laura

Seleb yang bikin sekolah graetong © 2017 brilio.net

Cinta termasuk daftar selebriti yang aktif di dunia sosial. Cinta baru-baru ini sempat mengkampanyekan anti animal testing yakni menggunakan hewan untuk mencoba produk-produk yang nanti akan dipakai manusia. Namun yang sudah paling lama dilakukan adalah mendirikan sekolah gratis.

Dengan menggunakan nama yayasan keluarga Sukaseno, Cinta membangun sekolah gratis buat mereka yang kekurangan dana atau tempat terpencil. Sejak umur 9 tahun, Cinta telah aktif jadi pengajar Bahasa Inggris di sini. Kini setelah bekerja ia kemudian menjadi donatur juga.