Brilio.net - Peta online semacam Google Maps memang sangat punya andil besar dalam keseharian orang untuk menentukan arah jalan. Apalagi ketika berada di daerah yang belum familiar sebelumnya, pasti langsung buka Google Maps untuk meminta petunjuk jalan.

Tapi pernahkah kamu berpikir bagaimana Google Maps bisa tahu estimasi waktu tempuh saat kita akan bepergian? Biasanya mereka bisa mengira-ngira kalau penggunanya pakai motor, mobil atau jalan kaki, berapa waktu yang mereka habiskan di jalanan. Biasanya perkiraan Google Maps juga akurat.

Belum lama ini akun Twitter @jendra_aji mengunggah sebuah video seorang pria membawa tas yang di atasnya terdapat banyak kamera. Di tas tersebut tertulis 'Google Maps' yang menunjukkan kalau pria ini sedang mengambil rekam data perjalanan.

Loading...

Diyakini bahwa pria tersebut sedang menghitung jarak tempuh untuk pejalan kaki. Data ini yang kemudian dijadikan estimasi waktu yang sering kamu lihat di smartphone ketika akan menggunakan Google Maps.

"Pernah kepikiran gak gimana caranya Google Maps bisa tau kalau kita jalan ke suatu tujuan waktu tempuhnya sekian menit/jam? *Semangat buat bapaknya!" ujar akun @jendra_aji, seperti brilio.net kutip dari cuitannya pada Senin (3/2).

Meski demikian, dugaan itu tak sepenuhnya benar. Pria yang berjalan membawa tas yang di atasnya ada kamera dari berbagai sisi itu bukan bertugas menghitung perkiraan waktu tempuh. Melainkan ia sedang mengambil gambar untuk fitur Street View yang ada di Google Maps.

Fitur Street View memungkinkan penggunanya bukan hanya bisa melihat map berupa garis-garis jalan saja. Tapi dengan fitur itu, kamu juga bisa melihat foto sebenarnya dari tempat yang ingin dituju. Tugas pria di video yang viral itu sama dengan mobil Google Maps yang sudah sering terlihat saat beroperasi di jalanan.

terungkap google maps hitung perjalanan © Twitter/@jendra_aji

foto: Twitter/@jendra_aji

Menurut kebijakan dan privasi di halaman Google, mereka memperkirakan jarak tempuh suatu perjalanan menggunakan jutaan data pengguna Google Maps. Seperti misalnya riwayat kecepatan rata-rata yang pernah digunakan oleh pengguna dan pengemudi lain, laporan tentang kemacetan lalu lintas, serta kondisi jalanan lain secara real-time.

Dari data-data tersebut, Google Maps bisa memberi tahu penggunanya estimasi waktu tempuh perjalanan ke suatu tempat. Tentunya cara ini dihitung dengan menggunakan algoritma tertentu dengan bantuan mesin. Tidak dilakukan manual.

Video petugas Google Maps yang sedang mengambil gambar itu pun viral usai diunggah akun @jendra_aji beberapa waktu lalu. Hingga kini video tersebut ditonton sebanyak hampir 500 ribu kali. Sementara itu, cuitannya telah di-retweet sebanyak 27 ribu kali lebih. Banyak warganet yang baru tahu, ternyata ambil gambar untuk Street View nggak cuma dilakukan dengan mobil saja.

"Oalah, belum pernah nemuin kaya gini. Yg mobil seringnya," kata akun @yulianaintan2.

"Ini backpack berat nya sekitar 20kg loh," tulis akun @idrkartikaa.

"Pernah liat lowongan buat jadi gmaps yg jalan kaya gini, persyaratannya berat loh dari badan harus fit, mampu jalan kaki minimal 20km/hari dll," ungkap akun @fadlyfad.