Brilio.net - Aktivitas sehari-sehari kerap membuat kamu tergantung dengan barang-barang elektronik. Mulai dari penggunaan handphone, laptop, televisi, dan lain sebagainya. Nggak bisa dipungkiri beberapa perangkat pintar menjadi benda yang sulit terpisahkan dalam hidup saat ini. Padahal sebenarnya menggunakan terpapar radiasi barang elektronik terlalu lama bisa menimbulkan dampak yang buruk untuk kesehatan lho.

Dilansir brilio.net dari lipi.go.id, Peneliti Utama Elektromagnetik Desain, Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Harry Arjadi mencontohkan, penggunaan ponsel yang terpapar lama di kepala, akan menyebabkan pusing dan akan ada dampak besar lagi pada kemudian hari.

Penyebabnya adalah karena semua perangkat yang penggunaannya dialirkan dengan listrik, sudah mutlak ada gelombang elektromagnetik. Nah, penyebab kepala pusing pada paparan handphone ini, merupakan efek dari gelombang elektromagnetik pada perangkat.

Maka dari itu, selain bijak dalam menggunakan barang elektronik kamu juga perlu menangkal radiasi komputer yang ada di sekitarmu. Menanam atau merawat tanaman penangkal radiasi bisa jadi salah satu solusinya.

Ya, beberapa jenis tanaman mampu membantumu untuk menangkal radiasi komputer. Dengan adanya tanaman ini, dapat meredakan stres pada tubuh, meningkatkan konsentrasi dan mengurangi frekuensi sakit kepala yang sering dikaitkan dengan radiasi. Penasaran?

Loading...

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (26/2), berikut 5 tanaman yang mampu serap radiasi komputer.

1. Lidah mertua.

Tanaman penyerap radiasi komputer © freepik.com

foto: freepik.com

Lidah mertua nggak hanya dapat menangkal ular, namun juga menyerap radiasi komputer. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa meletakkan tanaman hias ini di dekat komputer atau sumber radiasi utama lainnya.

Lidah mertua mengubah CO2 menjadi oksigen, sehingga kamu akan mendapat udara yang lebih bersih. Sehingga paru-paru akan lebih kuat dan pikiran pun lebih jernih. Daunnya yang panjang dan tipis juga bisa memperindah ruangan Anda. Apalagi, warna hijau segarnya akan semakin memperindah lingkunganmu.

Tenang, kamu bisa merawat lidah mertua dengan mudah kok. Tanaman hias ini nggak membutuhkan penyiraman secara konstan.

Namun kamu tetap perlu memeriksa tanah sekali seminggu untuk memastikan bahwa tanah belum kering. Lalu siram tanaman sampai benar-benar lembap. Akan tetapi hati-hati, jangan sampai memenuhinya dengan air, terutama di musim dingin karena justru akan berakibat buruk pada pertumbuhan tanaman.

2. Kaktus.

Tanaman penyerap radiasi komputer © freepik.com

foto: freepik.com

Kaktus juga jadi tanaman hias yang hits di kalangan kolektor. Di samping memperindah ruangan, kaktus juga dapat menjadi penyerap gelombang radioaktif yang efisien berkat penelitian mendalam yang dilakukan oleh NASA.

Kaktus sangat bermanfaat untuk menyerap radiasi yang dihasilkan oleh komputer. Hal ini menjadikannya tanaman yang sangat baik untuk kantor ataupun dimanfaatkan di rumah.

Kaktus juga menyerap radiasi yang mungkin datang dari ponsel, jadi akan berguna untuk kehidupan sehari-hari. Ditambah lagi, kaktus mudah untuk dipelihara. Kamu nggak perlu menyiram setiap hari. Dan berikan pencahayaan di tempat yang hangat agar pertumbuhannya tetap sehat.

3. Sukulen.

Tanaman penyerap radiasi komputer © freepik.com

foto: freepik.com

Sukulen merupakan tanaman hias yang bisa kamu manfaatkan juga sebagai penyerap radiasi komputer. Dengan bentuknya yang kecil, kamu bisa meletakkannya di mana saja. Apalagi sukulen memiliki tampilan yang cantik sehingga akan memperindah ruanganmu.

Dalam perawatannya, sukulen tidak membutuhkan cahaya banyak dan juga memerlukan sedikit air. Sukulen menyimpan kemampuan pemurnian udara yang kuat.

Tanaman hias ini juga dipercaya efektif menyerap racun seperti radiasi EMF. Berikan perawatan dengan menyiraminya setiap 2 atau 3 hari. Cukup periksa untuk memastikan ada sedikit kelembapan, dan jika tidak, berikan sedikit air.

4. Lidah buaya.

Tanaman penyerap radiasi komputer © freepik.com

foto: freepik.com

Kalau tadi ada lidah mertua, sekarang ada lidah buaya. Mungkin kamu mengenal lidah buaya sebagai pemberi manfaat untuk keindahan rambut.

Eits, nggak hanya itu saja, lidah buaya juga mampu menyerap radiasi tingkat tinggi. Seperti banyak tanaman sehat lainnya, tanaman aloe vera ini membersihkan udara secara menyeluruh, menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen.

Dengan sifat radioprotektifnya, kamu perlu menempatkan tanaman lidah buaya dalam garis lurus dari perangkat elektronik yang memancarkan radiasi. Pastikan tidak menempatkan apa pun di antara keduanya, karena hal itu akan mengurangi kemampuan tanaman lidah buaya untuk menyerap radiasi.

5. Sirih.

Tanaman penyerap radiasi komputer © freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya ada tanaman sirih. Tanaman ini tergolong kaya akan manfaat. Sirih memiliki kemampuan yang kuat untuk menyerap gelombang elektromagnetik.

Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki sifat pembilasan hidroksil dan superoksida, dapat digunakan untuk menghilangkan komponen radioaktif ini dari udara. Gas-gas berbahaya juga dapat terserap oleh tanaman sirih. Sehingga kamu akan mendapatkan kualitas udara yang bersih dan juga segar.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa meletakkan sirih di dekat perangkat yang memancarkan radiasi terbanyak. Sedikit berbeda dari beberapa tanaman sebelumnya.

Sirih perlu mendapatkan perhatian lebih dalam perawatannya. Kamu perlu melakukan penyiraman secara teratur. Periksa juga kondisi tanahnya setiap hari. Dan jika mengering, siram sepenuhnya dan periksa lagi dalam beberapa menit untuk memastikan itu tidak semua diserap.