Brilio.net - Meskipun kamu tidak menganggap dirimu seorang tukang kebun atau tidak memiliki tempat luas untuk berkebun, setiap orang tetap dapat menikmati manfaat dari menanam tanaman sendiri. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya ditanam di dalam ruangan secara hidroponik.

Banyak jenis tanaman yang dapat kamu tanam hidroponik, antara lain jamu, sayur mayur, tanaman hias, dan masih lain sebagainya. Teknik menanamnya pun beragam. Kamu bisa memakai berbagai media atau alat seperti ember, botol bekas, vas kaca, paralon, diletakkan di sudut ruangan, atau digantung.

Ada pula jenis tanaman merambat yang tumbuh dengan baik hanya dalam toples kaca memakai sedikit air. Tapi kamu dapat mempercepat pertumbuhannya dengan menambahkan nutrisi tanaman yang tepat dan pencahayaan yang memadai, supaya dapat memanennya lebih cepat.

Apa saja tanaman rambat hidroponik buat rumah makin cantik, segar, dan asri? Berikut deretan rekomendasi yang bisa kamu pilih seperti Brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (25/2).

1. Heartleaf Philodendron.

tanaman rambat hidroponik © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@harta_chan

Tanaman rambat heartleaf philodendron sangat populer. Heartleaf philodendron dapat ditanam menggunakan media tanah maupun air. Selain itu, tanaman ini mudah beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi. Heartleaf philodendron dapat tetap tumbuh meski hanya dengan sinar matahari sedikit.

2. Sirih gading.

tanaman rambat hidroponik © Instagram

foto: Instagram/@fendy_rms

Tanaman rambat yang memiliki nama latin Epipremnum aureum ini adalah salah satu tumbuhan populer. Tanaman ini cocok dijadikan dekorasi dan hiasan ruangan kosong, karena sifatnya yang merambat sangat cantik. Banyak orang menyukai sirih gading karena mudah dirawat dan bisa ditanam menggunakan media tanah atau air.

Sirih gading terbagi jadi beberapa nama sesuai dengan corak dan bentuk daunnya. Ada sirih gading marble, sirih gading neon, sirih gading manjula, sirih gading silver, sirih gading gletser, sirih gading jade, sirih gading philo brazil, sirih gading cebu blue, sirih gading hawaiian, dan sirih gading jessenia.

3. Teratai.

tanaman rambat hidroponik © Instagram

foto: Instagram/@ernyhuang

Jika kamu memiliki kolam di rumah, tanaman hias merambat bunga teratai dapat menambah nuansa cantik rumah. Bunga teratai atau lotus punya bunga yang dapat tumbuh sangat besar bahkan hingga lebih dari 7 inci. Saat bunganya merekah di atas air, akan terlihat menawan dan menarik perhatian.

4. Monstera.

tanaman rambat hidroponik © Instagram

foto: Instagram/@miri.ahm

Monstera jadi salah satu tanaman hias yang sedang hits karena bentuk daunnya yang unik. Tanaman ini akan terlihat semakin indah saat merambat atau menjalar di rumah. Meskipun dikenal bisa tumbuh dengan subur saat ditanam pada tanah, monstera ternyata juga mudah berkembang di dalam air, lho.

5. Eceng gondok.

tanaman rambat hidroponik © Instagram

foto: Instagram/@royadiirawanfull

Fungsi eceng gondok tidak sekadar membuat rumah makin asri dan segar, tanaman ini juga dikenal dapat membantu menjernihkan air. Tanaman merambat yang satu ini cukup mudah dirawat. Ketika mendapatkan pencahayaan yang cukup, eceng gondok dapat tumbuh dengan cepat dan besar.

6. Suplir.

tanaman rambat hidroponik © Instagram

foto: Instagram/@mbah_uti_smr

Pada era 90-an, suplir banyak ditemukan di daerah lembap. Suplir atau maidenhair memiliki daun yang tampak lebat karena bentuknya tipis dan satu sama lain saling berbelit. Tanaman ini bisa dipakai untuk hiasan rumah menggunakan air, dengan cara gantung pakai botol atau wadah yang sudah diisi nutrisi hidroponik.

7. Kangkung.

tanaman rambat hidroponik © Instagram

foto: Instagram/@kebun_sayurq

Tanaman sayur kangkung biasa ditanam di atas kolam lele. Kamu bisa membudidayakan kangkung dengan metode akuaponik dalam satu tempat bersama ikan peliharaan, menggunakan ember misalnya. Kemudian saat sudah tumbuh besar, kamu bisa memanennya setiap saat.

8. Syngonium.

tanaman rambat hidroponik © Instagram

foto: Instagram/@afo.green

Syngonium punya nama lain arrowhead adalah salah satu tanaman rambat yang bisa hidup di air. Bukan tanpa sebab, tanaman hias ini dapat bertahan meski hanya mendapatkan sedikit cahaya. Syngonium punya warna dan motif cantik yang beragam. Selain indah, perawatannya juga dikenal mudah.

9. Ganggang rantai.

tanaman rambat hidroponik © Instagram

foto: Instagram/@ferdian.262

Tanaman merambat selanjutnya yaitu ganggang rantai dikenal karena keindahannya. Ganggang rantai ini juga disukai karena kualitasnya yang dapat menciptakan kadar oksigen lebih banyak. Bahkan saat ditanam memakai metode hidroponik di dalam kolam, ganggang rantai bisa dimanfaatkan ikan untuk berteduh.

10. Zebrakraut.

tanaman rambat hidroponik © Instagram

foto: Instagram/@ladybella.diy

Zebrakraut atau yang dikenal dengan sebutan wandering jew sangat indah saat ia menjalar. Bentuk serta warna daunnya unik bermotif seperti zebra dengan nuansa perpaduan ungu, hijau, dan putih. Tanaman hias ini dapat dijadikan koleksi indoor di area terang, tapi tidak secara langsung. Zebrakraut atau wandering jew dapat hidup dengan baik memakai media tanah atau hidroponik yang sudah diisi nutrisi.

[crosslink_1]