Brilio.net - Hidroponik merupakan cara menanam menggunakan media air yang mengandung campuran hara. Hidroponik biasa diterapkan untuk menanam berbagai jenis sayuran maupun jenis tanaman lainnya.

Teknik menanam dalam air ini bukanlah hal baru di dunia bercocok tanam. Cara melakukannya cukup mudah, tidak butuh lahan luas, dan dipercaya tingkat pertumbuhan tanaman lebih cepat.

Tanaman hidroponik menawarkan estetika tinggi saat ditaruh di dalam maupun di rumah. Tanaman hidroponik dapat ditanam di berbagai tempat, mulai dari botol bekas, paralon, kaca bening, dan lain sebagainya. Dapat ditata di tanam, bisa pula digantung di depan teras maupun sudut outdoor lain.

Pilih tanaman yang dapat sesuai untuk outdoor, membutuhkan asupan matahari langsung sehingga tahan saat terkena panas. Nah, apa saja tanaman hidroponik yang bisa tahan panas sehingga cocok dijadikan hiasan outdoor? Simak beberapa rekomendasinya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/2).

1. Sawi hijau.

tanaman hidroponik tahan panas ©Instagram

Loading...

foto: Instagram/@agromania_id

Jenis tanaman sayur yang bisa tumbuh dengan baik dengan hidroponik adalah sawi hijau. Sawi hijau dikenal dapat ditanam dan mudah beradaptasi di mana saja, termasuk di luar rumah. Bahkan sawi hijau juga tahan dan tetap tumbuh meski terkena air hujan.

2. Selada.

tanaman hidroponik tahan panas ©Instagram

foto: freepik.com

Selada adalah tanaman sayur yang paling banyak dibudidayakan dengan cara hidroponik. Selada dapat tumbuh sangat cepat dalam sistem hidroponik dan cukup mudah dirawat.

Selada dapat ditanam di semua sistem hidroponik, termasuk NFT, aeroponik, ebb & flow, dll. Sayuran ini merupakan tanaman yang bagus untuk kamu yang baru memulai menanam hidroponik.

3. Brokoli.

tanaman hidroponik tahan panas ©Instagram

foto: freepik.com

Brokoli awalnya biasa ditemukan tumbuh subur di daerah dataran tinggi memakai metode hidroponik. Tapi sekarang brokoli juga sudah sering ditanam di daerah dataran rendah. Tanaman yang mirip seperti bunga kol ini disukai banyak orang lantaran dapat dijadikan bahan utama masakan.

4. Cabai.

tanaman hidroponik tahan panas ©Instagram

foto: Instagram/@bibit_tanaman_buah_online

Cabai jadi salah satu tumbuhan yang sering tanaman di halam rumah. Cabai bisa tumbuh dengan baik dengan media tanam tanah maupun hidroponik. Perawatannya pun mudah dan tidak intensif seperti jenis tanaman lain.

Pilih bibit cabai yang unggul lalu cukupi kebutuhan nutrisi airnya dengan baik. Cabai yang sudah berbuah, bisa dipanen kapan saja.

5. Geranium.

tanaman hidroponik tahan panas ©Instagram

foto: Instagram/@local.flower.watch

Nggak kalah menarik dari jenis sayuran, tanaman bunga geranium juga cocok sebagai hiasan halaman rumah ataupun kebun. Tanaman ini juga dikenal dengan tampilannya yang cantik saat ditanam dengan media hidroponik. Bunga hias geranium dikenal dengan sebutan Crane's Bill dan banyak ditemukan di hampir seluruh dunia.

Bunga yang berasal dari Afrika Selatan ini juga cocok sebagai jenis tanaman hias gantung di negara tropis seperti Indonesia. Di bagian bunga memiliki berbagai warna seperti merah, putih, merah mudah, biru ataupun ungu. Geranium juga bisa tumbuh mencapai 1,2 meter.

6. Philodendron.

tanaman hidroponik tahan panas ©Instagram

foto: Instagram/@letsphotosynthesize

Awal mula kemunculannya, tanaman Philodendron kerap ditanam dengan media pakis. Kini seiring perkembangan waktu, muncul banyak cara kreatif untuk merawat serta mengembangkan Philodendron.

Yup, Philodendron ternyata juga bisa ditanam pada media air, lho. Selain itu tumbuh kembang philodendron juga mudah, karena jenis tanaman ini termasuk dalam golongan tahan panas.

7. Tillandsia (Air plants).

tanaman hidroponik tahan panas ©Instagram

foto: Instagram/@rancho_brian

Tanaman udara atau Tillandsia adalah tanaman hias yang sempurna untuk disimpan di mana saja karena tidak membutuhkan tanah untuk bertahan hidup. Kebanyakan orang suka menggantung Tillandsia di terarium kaca kemudian diisi dengan aksen warna-warni dan pernak-pernik. Tanaman ini juga bisa ditanam melalui media air.

Air plant perlu dirawat dan diletakkan di tempat dengan sirkulasi udara yang baik dan banyak cahaya terang. Pastikan jaga kelembapan tetap tinggi dengan menyemprotkan air. Tanaman ini juga ramah terhadap hewan peliharaan.

8. Water lettuce.

tanaman hidroponik tahan panas ©Instagram

foto: Instagram/@hawaii_koi_ponds

Bentuk water lettuce menyerupai kelopak bunga warna hijau yang sedang mekar. Water lettuce atau yang lebih dikenal sebagai apu-apu adalah tanaman hias air yang banyak ditemui di sungai.

Tidak menutup kemungkinan pula untuk merawat apu-apu di bagian luar rumah, sebagai dekorasi outdoor. Perawatan apu-apu cukup mudah, sediakan wadah yang memiliki ukuran lebih besar, isi dengan air, lalu masukkan apu-apu ke dalamnya.

9. Monstera.

tanaman hidroponik tahan panas ©Instagram

foto: Instagram/@plantapong

Tanaman yang satu ini banyak ditemukan di kawasan hutan tropis Meksiko. Monstera jadi tanaman yang kerap dilirik lantaran punya daun bolong atau sobek-sobek unik dan mencuri perhatian.

Monstera dapat dirawat dengan berbagai media, mulai dari pot hingga media air. Tak hanya bisa ditaruh di dalam rumah, monstera juga cantik ditata sebagai hiasan outdoor.

10. Sirih gading.

tanaman hidroponik tahan panas ©Instagram

foto: Instagram/@plants.naw

Tanaman sirih gading sudah terkenal dan kerap jadi incaran koleksi pencinta hortikultura. Sirih gading atau Epipremnum aureum dapat tumbuh subur melalui media air.

Masukkan sirih gading ke dalam wadah bekas, kemudian isi dengan air secukupnya. Nggak hanya indah dipandang, sirih gading bisa membuat udara ruangan jadi segar.