Brilio.net - Beberapa penduduk di kota-kota besar kerap terpaksa tinggal di kawasan rawan banjir. Tentu, hal tersebut membawa ketidaknyamanan dan berbagai persoalan. Beberapa warga yang tinggal di kawasan rawan banjir, misalnya, harus diliputi kecemasan ketika air tiba-tiba naik.

Di saat-saat seperti itu, mereka harus siap siaga untuk menyelamatkan berbagai macam barang berharga di rumah supaya tidak tenggelam. Kalau banjirnya cuma sekali sih nggak masalah, tapi kalau berkali-kali pasti capek juga. Dan kalau sudah begitu, mitigasi harus disiapkan.

Persoalannya, bagaimana cara mitigasinya? Nah, sepertinya cara yang diperlihatkan bapak di video unggahan akun TikTok @1haurasumayyah ini menarik ditiru. Dilansir brilio.net pada Senin (8/1), video tersebut memperlihatkan rumah kayu dengan perangkat sederhana yang membuatnya bisa terapung saat banjir.

Trik rumah kayu mengapung © TikTok

foto: TikTok/@1haurasumayyah

Perangkat itu terdiri dari dua bagian. Pertama, terletak di bagian bawah rumah. Kedua, di kiri kanan rumah. Adapun, perangkat yang terletak di bagian bawah rumah adalah tong besar kosong yang tertutup rapat.

Ada banyak tong kosong yang terletak di bawah rumah tersebut, mungkin jumlahnya puluhan. Karena tong tersebut kosong dan tertutup rapat, ia bakal terangkat saat terendam air, demikian juga rumah yang ada di atasnya. Dengan kata lain: rumah jadi mengapung saat banjir

Trik rumah kayu mengapung © TikTok

foto: TikTok/@1haurasumayyah