Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, kamu dapat melakukan banyak strategi sebelum memanggil tukang. Brilio.net melansir dari YouTube maz zakat group, Rabu (15/11), berikut ini cara yang bisa kamu lakukan.

cara perbaiki pintu gesek lantai © YouTube

foto: YouTube/maz zakat group

"kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana caranya memperbaiki pintu yang turun atau gasrut dengan lantai," kata pria dalam video.

Jika kebanyakan orang menuntaskannya dengan memotong bagian bawah pintu. Namun, dalam hal ini tidak akan menggunakan cara tersebut tetapi dengan langkah metode yang lebih mudah.

"Kebetulan pintu kamar saya baru berusia 2 tahun tapi sudah gasrut dengan lantai. Tapi nggak usah bongkar pintunya atau nyopotin pintunya lalu potong bawahnya, nggak usah,"

cara perbaiki pintu gesek lantai © YouTube

foto: YouTube/maz zakat group

Barang yang dipersiapkan cukup obeng dan tusuk gigi saja. Jika tidak tersedia tusuk gigi di rumah, kamu dapat memakai potong sapu lidi yang agak tebal, atau boleh juga tusuk sate.

Obeng yang tersedia berguna untuk mengendorkan baut engsel pintu di bagian bawah. Tidak perlu dibuka, cukup dikendorkan saja.

"pertama ambil obeng, kendorin semua baut engsel yang bagian bawah," jelasnya.

cara perbaiki pintu gesek lantai © YouTube

foto: YouTube/maz zakat group

Bila sudah dikendorkan, berikutnya pergi ke area belakang pintu, lalu tusuk gigi yang kamu punya dimasukkan ke dalam selipan engsel pintu yang dikendorkan.

"lalu tusuk giginya masukkin di bagian belakang," katanya lagi.

cara perbaiki pintu gesek lantai © YouTube

foto: YouTube/maz zakat group

Pastikan tusuk gigi sudah tersangkut di belakang engsel pintu. Kemudian kencangkan bautnya kembali seperti semula.

Hasilnya pintu sedikit terangkat sehingga begitu dioperasikan jadi lebih mudah dan nggak berisik karena tidak bergesekkan dengan lantai lagi.

Video berdurasi 2 menit 51 detik ini sudah ditonton lebih dari 121 kali di YouTube dengan 1000 lebih tanda suka serta 300 komentar dari penonton.

"Bagus bgt tutornya, dan bener2 berfungsi. Makasih pak," kata @indrasatriagraha7341.

"Sangat bermanfaat caranya ini, mudah tanpa hrs copot pintu & diratakan bawahnya, terima kasih sekali pak..," komentar @asikinhalim9579.

"Kerenn boss. Bayi saya jadi nggak terganggu saat buka tutup pintu ," ungkap @roynaldosinaga3303.

"Terima kasih mas, bermanfaat sekali, mantap pintu saya jadi lancar gak gesrek lagi dengan cara yang simpel ga sampe semenit," timpal @dejans126.