Brilio.net - Bobot badan manusia memang kerap mengalami kenaikan atau penurunan. Hal tersebut merupakan hal yang manusiawi. Naik atau turunnya bobot badan juga bisa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya asupan makanan. Perubahan bobot badan seseorang nggak hanya berpengaruh terhadap gaya hidup tapi juga memengaruhi penampilan.

Pasalnya, perubahan berat badan akan berdampak pada ukuran pakaian yang biasa dikenakan. Jika seseorang mengalami kenaikan bobot badan, biasanya ukuran baju dan celananya juga akan mengalami kenaikan. Begitu juga jika seseorang mengalami penurunan berat badan, baju dan celana yang dimiliki akan kebesaran.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tak sedikit yang akhirnya mengecilkan celananya ke penjahit agar ukurannya sesuai dan bisa digunakan. Tak sedikit juga yang lebih memilih membeli celana dengan ukuran yang baru. Selain keduanya, ada juga yang menggunakan bantuan ikat pinggang untuk membantu mengencangkan pinggang celana yang longgar.

Banyak sekali model ikat pinggang yang bisa digunakan untuk menunjang penampilan. Ada yang dibuat dengan warna-warna polos, ada juga yang dibuat dengan motif yang bervariasi. Bahkan belakangan juga muncul obi belt yang stylish.

Namun salah satu bahan ikat pinggang yang paling populer adalah ikat pinggang dari bahan kulit. Ikat pinggang dari bahan ini biasanya banyak digunakan ketika seseorang tampil mengenakan celana jeans atau celana bahan.

Ikat pinggang untuk orang dewasa sendiri biasanya memiliki panjang sekitar 115-130 sentimeter. Panjang ikat pinggang juga umumnya nggak bisa dikustomisasi sehingga nggak sedikit yang sering mendapatkan ikat pinggang yang kepanjangan.

Sisa ikat pinggang yang kepanjangan pun nggak jarang cukup mengganggu penampilan. Sisa ikat pinggang yang tidak terkena pengait juga mengganggu pergerakan seseorang. Nah, buat kamu yang pernah mengalami hal ini, kamu nggak perlu cemas karena ada trik mudah untuk mengatasi hal tersebut.

trik akali ikat pinggang yang kepanjangan jadi auto rapi © berbagai sumber

foto: TikTok/@mama_mila_