Buat garis lurus dari ujung atas ke bawah sebanyak empat buah. Lalu beri tiga titik untuk dilubangi menggunakan bor listrik. Fungsi lubang ini supaya kaki kursi yang dipasang kuat menopang.

sofa dari ember © YouTube

foto: YouTube/Lombok Upcycle

Siapkan tempat buah kayu balok ukuran 4 x 4 cm untuk jadi kaki sofa. Haluskan kayu balok di bagian bawah menggunakan amplas otomatis.

Berikutnya, bagian kayu yang tidak diamplas dilubangi dengan mesin bor. Lubang ini nanti dipakai untuk menautkan mur dan baut.

sofa dari ember © YouTube

foto: YouTube/Lombok Upcycle

Pasang keempat kayu di dalam ember, masukkan baut ke dalam lubang yang telah dibuat dengan palu. Kemudian supaya kaki-kaki sofa kuat, gunakan mur di dalamnya.

Jika kaki sofa sudah terpasang di ember seperti di gambar, baru tambahkan busa 5 cm pada bagian atas ember. Kamu dapat menempelkan busa menggunakan lem.

sofa dari ember © YouTube

foto: YouTube/Lombok Upcycle

Lalu pasang busa imitasi tipis untuk melapisi bagian samping ember. Rekatkan menggunakan lem sampai badan ember tertutup dengan busa. Semakin tebal lapisan, akan semakin empuk dan lembut bagian pinggirnya.

Masukkan sofa yang sudah diberi busa ke dalam cover. Kamu bisa menjahit sendiri cover atau sarung sesuai keinginan. Buat yang ingin membuat sarung sofa sendiri, akan lebih mudah jika sofanya sudah jadi baru diukur panjang dan lebarnya.

sofa dari ember © YouTube

foto: YouTube/Lombok Upcycle

Sofa estetik dari ember bekas cat sudah jadi. Video yang diunggah pada 2021 ini sudah ditonton lebih dari 50 ribu kali. Banyak warganet yang menyukai ide ini dan ingin mencobanya.

"Konten begini nih yg harus di subscribe,mantap nih dapat ilmu mantap kakak kapan2 boleh sering ya," kata @vinsenmoris7383.

"ide kreatif yang menghasilkan ," puji @BMC801.

"Saya ember cat 25kg banyak ini bang 100pcs lebih lokasi jakarta timur kali minat," kata @rialdiraka81.