Brilio.net - Tubuh ideal merupakan dambaan setiap orang. Apalagi bagi para wanita, penampilan tubuh adalah segalanya. Maka tak heran kalau banyak wanita yang rela menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Mulai dari diet, olahraga, hingga merogoh saku lebih dalam untuk pergi ke dokter.

Namun tak sedikit yang mencari-cari cara diet secara autodidak. Ada banyak jenis diet yang beredar di masyarakat. Kaum Hawa dengan mudah meniru diet tersebut tanpa harus berkonsultasi dengan ahli gizi terlebih dahulu.

"Setiap orang memiliki kebutuhan gizi yang berbeda, cara dietnya pun juga berbeda. Namun umumnya para ahli gizi yang pernah saya temui, menyarankan diet sehat untuk kebanyakan orang hanyalah dengan menjaga pola makan, berolahraga ringan, perbanyak minum air, mengatur pola pikir serta mengkonsumsi makanan kaya serat. Dengan begitu kita tetap dapat menurunkan berat badan dengan gaya hidup sehat," ujar Kepala Research and Development (R&D), Lia Fitri Margateta AMd Far dilansir brilio.net dari Liputan6.com pada Rabu (11/9).

Menurutnya, sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh yang baik merupakan salah satu kunci penting menurunkan berat badan.

Jadi, apabila sistem pencernaan dan sistem metabolisme baik, makanan yang dikonsumsi akan dapat diserap dan diubah menjadi energi. Sedangkan, sisanya akan dikeluarkan sebagai feses dan tidak diendapkan sebagai lemak.

Pola makan tepat
Pola makan yang tepat dapat pula berkontribusi terhadap kurangnya berat badan seseorang, yakni tetap makan selama tiga kali sehari. Namun, kamu harus mengurangi porsi dari makanan kamu dan mengurangi makanan yang berminyak.

Selain itu bisa ditambah dengan mengonsumsi buah yang kaya akan serat. Serat tinggi dapat membantu pencernaan dan menurunkan berat badan. Salah satunya adalah buah plum, bisa dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi bentuk lainnya.

Diet yang baik adalah dengan tetap mengedepankan kesehatan diri, jangan sampai hasrat untuk memiliki tubuh ideal malah berubah menjadi petaka karena kecerobohan kita dalam memilih cara diet.