Brilio.net - Pada umumnya manusia memiliki satu jantung. Organ penting tersebut berfungsi memompa darah. Namun apa jadinya jika seseorang memiliki dua jantung?

Dilansir brilio.net dari thesun.co.uk, Rabu (21/2) seorang pria berusia 56 tahun dari India mengalami masalah pada jantungnya. Ia pun menjalankan operasi transplantasi jantung dan mendapatkan donor jantung dari Mekala Kumar (17).

Dokter Gophala Gokhala yang mengoperasi pria ini melakukan prosedur operasi yang sedikit rumit. Hal ini dikarenakan jantung pendonor ukurannya terlalu kecil. Alhasil tim dokter tidak mengangkat jantung lama pria ini.

jantung dua © thesun.co.uk

Operasi itu berlangsung selama 7 jam. Operasi yang berlangsung di Rumah Sakit Apollo di Hyderabad tersebut berjalan lancar. Dokter berupaya memfungsikan jantung lama seiring dengan jantung baru.

Loading...

Kedua jantung tersebut saling terhubung. Keduanya berdetak saling melengkapi. Alhasil sirkulasi darah bisa berjalan normal.

Sejauh ini baru ada 150 orang di dunia pemilik dua jantung yang sama berdetaknya. Kasus ini pun tergolong langka. Beberapa orang bertahan cukup lama dengan dua jantung, namun ada juga yang tidak.

Sejauh ini pria tersebut berhasil diselamatkan. Tekanan dan sirkulasi dara telah normal. Namun ada kemungkinan pria ini mengalami masalah jantung ke depannya.