Brilio.net - Penghakiman media sosial memang kejam. Tak sedikit selebriti harus menerima komentar tak sedap terkait penampilannya. Hal tersebut salah satunya dirasakan oleh Gigi Hadid. Supermodel dunia ini mendapat komentar terkait bentuk tubuhnya yang belakangan terlihat semakin kurus.

Publik memerhatikan perubahan tubuh kekasih dari Zayn Malik yang semakin menurun. Gigi kerap dianggap melakukan diet ketat hingga mengonsumsi obat-obatan. Gigi pun memberikan klarifikasi lewat media sosialnya. Cewek 22 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya mengidap penyakit Hashimoto.

hashimoto © 2018 brilio.net

foto: gotceleb.com

Hashimoto adalah suatu penyakit autoimun yang menyerang kelenjar tiroid.

Loading...

Gejala yang sering dialami oleh penderitanya adalah kenaikan berat badan secara signifikan. Selain itu, rambut mudah rontok dan mudah stres jadi beberapa penanda. Kelenjar tiroid sendiri merupakan kelenjar kecil yang terletak di dekat jakun dan memiliki peran penting dalam menghasilkan kekebalan tubuh.

Proses kerja kelenjar tiroid terganggu sehingga produksi hormon seperti tiroksin dan triidotironin mengalami gangguan. Bukan hanya Gigi Hadid, deretan selebriti ini juga memiliki riwayat penyakit yang sama.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (15/2),  berikut deretan selebriti yang pernah punya riwayat penyakit tiroid:

1. Rachel Amanda.

hashimoto © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@auroramanda95

Berbeda dengan Gigi Hadid, Rachel Amanda mendapat vonis menderita kanker tiroid. Rachel harus menerima kenyataan dirinya mengidap penyakit tersebut sejak kelas 12 SMA.

Pemain film Trinity, The Nekad Traveler ini mengungkapkan dirinya sempat mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis karena sulit makan. Detak jantungnya pun berdebar lebih kencang dan tak mampu berdiri terlalu lama.

Rachel pun akhirnya melakukan operasi dan pengobatan untuk menyembuhkan penyakitnya. Kini Rachel pun dapat beraktivitas seperti semula.

2. Aelke Mariska.

hashimoto © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@aelke

Bintang iklan minuman, Aelke Mariska, juga mengidap penyakit yang sama dengan Gigi Hadid. Pertama kali, cewek yang akrab disapa Elke ini sempat drop di tahun 2014. Ia pun memeriksakan diri ke dokter hasilnya pun tak menunjukkan adanya tanda-tanda penyakit kronis.

Seiring berjalannya waktu, Elke mengalami penambahan berat badan secara signifikan. Sementara itu dirinya tak memiliki nafsu makan.

Elke pun memeriksakan diri kembali dan langsung didiagnosis menderita penyakit Hashimoto sama seperti supermodel Gigi Hadid. Ia pun berjuang melawan penyakit autoimun yang menyerang kelenjar tiroidnya.

3. Gina Rodriguez.

hashimoto © 2018 brilio.net

foto: bustle.com

Gina Rodriguez mengungkapkan menjaga bobot tubuhnya saat mengidap Hashimoto begitu sulit. Hashimoto sendiri menyerang metabolisme tubuh. Ia harus berjuang melawan penyakitnya sejak usia 19 tahun. Bobot tubuhnya meningkat karena Hashimoto.

Sementara itu, dirinya bekerja di dunia hiburan yang memungkinkan bentuk tubuhnya ideal. Ia pun melakukan olahraga mulai dari lari, tinju, lompat tali untuk menjaga tubuhnya.

4. Zoe Saldana.

hashimoto © 2018 brilio.net

foto: nydailynews.com

Bintang Guardians of the Galaxy, Zoe Saldana juga memiliki pengalaman yang sama dengan Gigi Hadid dan Aelke. Ia didiagnosis oleh dokter menderita Hashimoto.

Zoe tak menyerah. Dia justru melakukan diet ketat dengan mengurangi gluten free dan susu. Penyakit Hashimoto ini memang butuh perjuangan kuat dari lingkungan sekitar.

5. Kim Cattrall.

hashimoto © 2018 brilio.net

foto: medicaldaily.com

Sebelum Gigi Hadid, seleb Kim Cattrall lebih dulu didiagnosis Hashimoto pada tahun 1998. Perubahan tubuh yang semakin berat secara signifikan ini disebabkan oleh penyakitnya.

Tak cuma itu, Kim juga mengungkapkan rambutnya sering rontok. Semenjak itu, ia coba mengobatinya dan melakukan diet untuk menjaga bobot tubuhnya.

6. Victoria Justice.

hashimoto © 2018 brilio.net

foto: m-magazine.com

Artis Nickelodeon, Victoria Justice harus menerima kenyataan bahwa dirinya mendapat diagnosis menderita Hashimoto. Usianya kala itu masih menginjak 23 tahun.

Beda dengan selebriti sebelumnya, Victoria justru mengalami penurunan bobot yang signifikan. Selain itu, kulit cantiknya jadi kering dan pecah-pecah. Hatinya sempat hancur dan terpukul atas diagnosis tersebut meski begitu ia ingin kembali sehat seperti sedia kala.