Brilio.net - Mengalami gangguan makan hingga sering muntah-muntah dapat menyebabkan komplikasi. Semakin parah dan lama gangguan makan yang dialami, bisa semakin serius dampaknya bagi kesehatan.

Sama halnya yang dialami oleh seorang remaja bernama Aakansha Kumari. Ia mengaku mengalami gangguan makan dan sering muntah.

Tak tahan dengan kondisi yang dialami, Kumari akhirnya memeriksakan diri ke dokter. Tindakan x-ray pun dilakukan oleh dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Tak disangka, di dalam perut remaja berusia 16 tahun itu terdapat gumpalan rambut yang memenuhi lebih dari 80 persen ruang di perutnya.

rambut di perut © 2017 mirror.co.uk

Loading...

Dikutip brilio.net dari Mirror, Jumat (14/7), para dokter yang memeriksa Kumari tercengang saat mengetahui ada segumpal rambut di dalam perutnya. Mereka mendiagnosis Kumari dengan penyakit Trichophagia, sebuah kelainan dimana seseorang secara kompulsif memakan rambutnya sendiri.

rambut di perut © 2017 mirror.co.uk

Tim dokter yang dipimpin oleh ahli bedah digestif, Dr Abhay Kumar berhasil mengangkat 2 kg gumpalan rambut (hariball) dari perut Kumari lewat prosedur operasi terbuka di Doon Medical College and Hospital, di Dehradun, India.

"Hairball menempati 250 ml sampai 300 ml ruang di perut dan inilah yang menyebabkan ia kehilangan nafsu makan," kata Dr Abhay Kumar.

Diakui Kumari bahwa ia secara diam-diam telah memakan rambutnya sendiri selama bertahun-tahun. Namun kedua orangtuanya tak tahu sampai akhirnya mereka merasa khawatir akan kondisi berat badan putrinya yang turun drastis. Sampai akhirnya mereka mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Meski demikian, mereka merasa sangat bersyukur karena kondisi putrinya semakin membaik pasca operasi.

"Dia terlihat lebih sehat dan bahagia," ungkap ayah Kumari, Satish Chandra.