Nah, baru-baru ini viral sebuah video yang memperlihatkan reaksi para bule Amerika Serikat ketika mengetahui besaran gaji UMR yang diterima orang Indonesia. Melali akun TikTok @stevenapriliano, pemilik akun merekam beberapa reaksi orang negeri Paman Sam saat diminta menebak gaji rata-rata yang diterima para pekerja di Indonesia.

“Berapa menurut kalian gaji orang Indonesia per bulannya,” tanya pemilik video pada seorang wanita bule.

Wanita ini pun menebak bahwa gaji orang Indonesia ada di sekitaran 5000 dollar AS atau setara dengan Rp75 juta. Ketika dikatakan bahwa lebih rendah, bule cewek dengan rambut pendek itu semakin terkejut.

“2000? (sekitar Rp30 juta),” tanya bule itu.

Ia pun kaget ketiga gaji masyarakat Indonesia rata-rata ada di angka 300 dollar AS atau Rp 4,5 juta.

“Itu gila banget,” ujar bule itu sambil menunjukkan wajah terkejut.

reaksi para warga AS tahu nominal gaji di Indonesia TikTok

foto: TikTok/@stevenapriliano

Momen dalam video ini berganti pada orang kedua yang diminta untuk menebak. Wanita kedua ini pun menebak bahwa gaji orang Indonesia per bulannya kemungkinan ada di angka Rp 45 juta atau Rp 60 juta. Lalu ia juga terkejut saat diberikan angka yang sebenarnya.

Menariknya, ada bule tersebut langsung khawatir dan menanyakan apakah orang Indonesia baik-baik saja. Bahkan pria AS terakhir yang diminta menebak sempat menganggap kalau si pemilik video ini berbohong karena tak masuk akal.

"Kamu pasti berbohong. Apakah orang-orang Indonesia baik-baik saja? Itu gila sih," ujar seorang wanita AS berambut pirang dalam video tersebut.

reaksi para warga AS tahu nominal gaji di Indonesia TikTok

foto: TikTok/@stevenapriliano

Setelah viral di media sosial dengan sudah ditonton sebanyak 1,3 juta kali, video ini pun menuai banyak komentar dari warganet. Salah satunya adalah keinginan mereka untuk tinggal di luar negeri.

"Orang luar aja sampai melongo. Sabar-sabar aja deh di konoha," kata pemilik akun @cheesemyfav.

"'Apakah mereka baik-baik saja'. Ya sebenernya pusing jug mbaknya. Tapi mau gimana lagi, adanya cum segitu ya dicukup-cukupin aja," ujar akun @27memyself.

"Tebakan mereka adalah harapan kita," kata akun @rifky_pratamaaa

"Enak kali ya kalau tinggal di luar negeri," timpal akun @elgihar.

@stevenapriliano Berapa ya kira2 pendapatan orang di Indonesia menurut orang Amerika ? Jumlah penghasilan diambil dari rata2 UMR pekerja tetap / pekerja biasa di Indonesia ya #kerjadiamerika #hidupdiamerika #fyp #fyp Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod & Kevin The Monkey