Hal pertama yang dilakukan adalah mengaplikasikan primer dari dua produk yang berbeda pada sisi wajah kanan dan kiri. Primer adalah base makeup dan difungsikan untuk menutup pori-pori wajah.

makeup mahal dan murah © TikTok

foto: TikTok/@madminyo

Step berikutnya masuk ke pengaplikasian foundation dan bedak. Harga foundation murah dibanderol Rp 29 ribu sementara yang mahal yaitu Rp 1.250.000 juta. Perbandingannya jauh banget, tapi tingkat coverage-nya lebih tinggi yang produk mahal.

Wanita ini juga menambahkan concealer di bawah mata, kening, serta ujung bibir. Harga concealer mahal berkisar Rp 400 ribu kurang, sementara yang murah cuma Rp 15 ribu saja.

makeup mahal dan murah © TikTok

foto: TikTok/@madminyo

Makeup tanpa kontur, blush, dan highlighter tak afdol rasanya. Untuk produk yang murah, @madminyo menggunakan produk blush, contour, dan highlighter yang sudah jadi satu. Sementara yang mahal menggunakan versi yang terpisah.

Setelah semua kosmetik dipakai, @madminyo pun menunjukkan hasilnya. Secara teknik dan warna makeup yang dipakai hampir serupa, namun yang hanya pada pigmentasi si produk saja.

makeup mahal dan murah © TikTok

foto: TikTok/@madminyo

Kamu bisa melihat alis pada makeup Rp 100 ribuan lebih warna cokelatnya terlalu terang dan kurang menutupi bagian kosong. Sementara di produk mahal, alis tertutup dengan sempurna tapi tidak juga medok.

Eye shadow pada produk mahal juga lebih keluar warnanya ketimbang yang murah. Terutama di warna shimmer yang dipakai di inner corner mata. Tapi untuk foundation, produk yang mahal sedikit lebih warm atau gelap dan yang murah lebih ke pink dan menyatu dengan warna kulit.

Jika melihat hasilnya kamu mungkin sulit untuk membandingkan mana yang menggunakan produk murah atau mahal. Mungkin kamu bisa melihat bedanya beberapa jam kemudian, mana yang lebih awet dan mana yang cepat luntur. Kembali lagi, makeup bagus itu yang bikin kamu nyaman dan percaya diri ketika memakainya.

"Semua bagus, tp biasany yg bedain sih longlastnya atau ngga, crack atau ngga / oxidise atau ngga pas beberapa jam," komentar jovanomc.

"mau mahal.atau murah tergantung tangannya.. kerenn bgtt," puji desti suci.

"sebenernya sama aja, tinggal skill kitanya. aku punya mekap mahal tp jujur lebih kepake yg murah gitu si. soalnya kalo mau abis gemeter," kata yesyoubiatch.

"gw sebagai cowok liat ga ada bedanya njir," ujar uhuyyyyy.

@madminyo Murah? Atau mahal? #makeup #makeuptutorial #makeupreview #makeuptransformation Terpesona - Bulan Sutena