Brilio.net - Secara bahasa, kata ukhuwah memiliki makna saudara senasib atau saudara sekandung. Selain itu, ukhuwah juga dapat diartikan sebagai teman atau sahabat. Secara istilah, ukhuwah dapat diartikan sebagai persaudaraan yang diambil dari akar kata awalnya yang berarti "memperhatikan". Sehingga ukhuwah dapat diartikan sebagai hubungan persaudaraan, baik saudara karena hubungan darah atau hubungan persaudaraan yang timbul karena adanya suatu persamaan.

Adapun maksud ukhuwah menurut tafsir Al-Azhar adalah orang-orang beriman itu pasti bersaudara, yang mana Allah menyuruh orang-orang beriman berpegang teguh pada tali Allah dan bersatu padu. Jika ukhuwah kosong dari iman, maka yang menjadi ikatannya adalah kepentingan dan manfaat peribadi, kelompok, atau golongan. Hal ini dapat menghancurkan ukhuwah dan dapat menimbulkan permusuhan dan kebencian. Nah untuk memahami lebih rinci mengenai ukhuwah dalam Islam, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (16/8).

Pengertian ukhuwah

 pengertian ukhuwah dan penjabarannya © berbagai sumber

foto: pexels.com

Dalam bahasa Arab, ukhuwah berasal dari kata akha yang melahirkan beberapa kata al-akh, akhu yang memiliki makna "memberi perhatian" dan kemudian berkembang untuk merujuk kepada arti sahabat atau teman.

Secara etimologi, kata ukhuwah dapat diartikan sebagai persaudaraan. Persaudaraan yang dimaksud dalam ukhuwah ini bukan hanya terbatas pada saudara yang masih ada hubungan darah, tetapi saudara seiman yang tidak terbatas oleh suku, bangsa, dan lain sebagainya.

Hubungan tersebut melahirkan perasaan cinta, rindu, dan penghormatan terhadap sesama dalam hal akidah Islam. Persudaraan akan mewujudkan rasa iman dan taqwa. Melalui ikatan ini muncul hal positif seperti saling memaafkan, saling menghargai, saling menghormati, dan timbul rasa kasih sayang terhadap saudaranya.