Brilio.net - Secara harfiah, interpretasi dapat diartikan sebagai tafsiran atau menafsirkan. Secara luas, interpretasi adalah kemampuan untuk menafsirkan dari suatu bentuk representasi. Dilansir dari Jurnal Scientiae Educatia, interpretasi berkaitan dengan representasi yang bersifat komunikasi dari suatu konfigurasi ide yang mungkin memerlukan suatu pengulangan kembali ide tersebut ke dalam suatu konfigurasi baru dari pemikiran interpreter.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), interpretasi adalah pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoritis terhadap sesuatu. Dalam menginterpretasi suatu representasi, seseorang terlebih dahulu mentranslasi setiap bagian-bagian representasi yang masih bersifat umum, sehingga dapat memudahkan dalam menginterpretasi dengan mengubah satu bentuk representasi ke bentuk representasi yang lain. Nah untuk memahami lebih rinci mengenai interpretasi, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (8/7).

Pengertian interpretasi

 interpretasi, pengertian dan jenisnya © berbagai sumber

foto: Unsplash/airfocus

Istilah interpretasi berasal dari kata interpretatio yang berasal dari Bahasa Latin yang berarti pendapat dari ahli hukum Romawi yang tidak selalu muncul di pengadilan. Pendapat tersebut pada awalnya tidak mengikat, tetapi seringkali dikutip. Dalam bahasa Inggris, interpretasi atau yang disebut dengan hermeneutics adalah seni menafsirkan teks, khususnya suatu teknik yang digunakan dalam kajian hukum kritis.Hermeneutik adalah kata sifat yang menunjukkan makna "yang bersifat menjelaskan atau tafsir". Dalam bahasa Yunani interpretasi atau hermeneuein adalah seni atau ilmu tafsir ungkapan-ungkapan linguistik dan non-linguistik, yaitu produk objektifikasi akal budi manusia untuk menemukan maknanya yang tersembunyi atau untuk membuatnya dari tidak mengerti menjadi mengerti.

Istilah interpretasi memiliki padanan makna yaitu proses, cara, perbuatan menafsirkan, serta upaya menjelaskan arti suatu teks untuk menemukan makan atau untuk membuatnya menjadi dipahami. Dalam pengertian luas interpretasi merujuk pada suatu keharusan untuk memahami sesuatu. Interpretasi juga mencakup kemampuan dalam mengenali esensi-esensi dan membedakannya dari porsi yang kurang esensial

Berikut beberapa definisi mengenai interpretasi menurut para ahli:

1. Menurut Ruseffendi interpretasi adalah kemampuan memaknai masalah yang diberikan, mengubah informasi dari masalah dalam bentuk cara lain seperti bentuk tabel, diagram, simbol, gambar, serta menyimpulkan hasil dari masalah yang diberikan.

2. Sudjana mendefinisikan interpretasi dalam lingkup matematika sebagai kemampuan seseorang untuk memahami sesuatu yang sudah didapatkan atau direkam untuk kemudian disusun dalam bentuk lain seperti grafik, tabel, diagram, atau simbol. Interpretasi juga merupakan kemampuan menghubungkan dua konsep yang berbeda dan kemampuan untuk membedakan mana yang pokok dan yang bukan pokok.

3. Freeman Tilde mengemukakan bahwa interpretasi adalah suatu kegiatan yang memiliki sifat mendidik disertai maksud untuk mengungkapkan arti melalui perantara objek asli dan pengalaman.

4. Kaelan mendefinisikan interpretasi sebagai suatu seni yang memberikan gambaran mengenai komunikasi tidak langsung.

5. Menurut Hamid, interpretasi adalah cara menyampaikan informasi yang tepat kepada kelompok sasaran.

Berdasarkan definisi menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa interpretasi adalah kemampuan untuk memahami ide yang telah diubah dalam bentuk lain misalnya dalam bentuk grafik, tabel, diagram, gambar, simbol, dan hal yang berhubungan dengan visual. Istilah interpretasi dapat merujuk pada proses penafsiran yang sedang berlangsung atau hasilnya.