Brilio.net - Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati serta populer di seluruh penjuru dunia. Sepak bola telah dikenal 5.000 tahun sebelum Masehi dan yang pertama kali mengenal sepak bola adalah bangsa China. Sepak bola pada saat itu disebut dengan nama Tsu-Chu yang bertujuan untuk melatih fisik tentara dan saat itu permainan ini dipertandingkan dalam rangka merayakan ulang tahun kaisar China. 

Seiring berkembangnya zaman, sepak bola berkembang di Inggris dan mulai dimainkan oleh warga Inggris, namun peraturannya masih baku, sehingga permainan sepak bola dilakukan dengan brutal. Sepak bola juga dapat dipahami sebagai salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola dari bahan kulit dan setiap regunya terdiri dari 11 orang dengan tujuan untuk memasukan bola sebanyak mungkin ke gawang lawan.

Sepak bola merupakan olahraga yang tidak banyak mengeluarkan biaya dan tidak memerlukan fasilitas yang sulit. Permainan sepak bola hanya perlu lapangan, gawang, dan bola. Peraturan yang dibuat juga sederhana agar mudah diikuti dan dimainkan oleh masyarakat. Nah, untuk lebih memahami mengenai permainan sepak bola, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Sabtu (10/9).

Pengertian sepak bola

pengertian dan manfaat sepak bola © berbagai sumber

foto: Unsplash/Nigel Msipa

Sepak bola adalah permainan beregu yang dimainkan dengan menggunakan seluruh bagian tubuh selain tangan kecuali penjaga gawang yang diperbolehkan menggunakan tangan. Selain itu, permainan ini lebih mengutamakan kerja sama tim serta berusaha untuk memasukan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dan mempertahankan gawang sendiri. 

Pada hakikatnya, permainan sepak bola merupakan permainan beregu yang menggunakan bola sepak. Sepak bola dimainkan di lapangan rumput oleh dua regu yang saling berhadapan dengan masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Tujuan permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dan berusaha mempertahankan gawang sendiri dari serangan lawan.

Terdapat beberapa pengertian mengenai sepak bola menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Muhajir, sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak yang memiliki tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola.

2. Menurut Rohim, sepak bola adalah permainan yang menantang secara fisik dan mental sehingga kita harus melakukan gerakan yang terampil di bawah kondisi permainan yang waktunya terbatas.

3. Menurut Luxbacher, pertandingan sepak bola dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.