Brilio.net - Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat menggunakan tumpuan satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Sasaran dan tujuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke sebuah letak pendaratan atau bak lompat. Jarak lompatan diukur dari papan tolakan sampai batas terdekat dari letak pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh. Lompat jauh juga termasuk salah satu nomor lompat dalam olahraga atletik.

Lompat jauh juga dapat dipahami sebagai keterampilan gerak berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan satu kali tolakan ke depan sejauh mungkin. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, pelompat dapat melakukannya dengan berbagai gaya mulai dari gaya jongkok, menggantung, dan berjalan di udara. Nah untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci mengenai lompat jauh, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (8/9).

Pengertian lompat jauh

lompat jauh © berbagai sumber

foto: Unsplash/HAFEEZ POPOOLA

Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat dengan menggunakan tumpuan satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Sasaran dan tumpuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke sebuah letak pendaratan atau bak lompat. Lompat jauh juga merupakan salah satu cabang atletik yang membutuhkan kecepatan, ketangkasan, dan kekuatan seorang atlet untuk melompat sejauh mungkin dari titik lepas landas atau garis lompat dan kemudian melayang di udara lalu mendarat sejauh-jauhnya dalam bak pasir.

Terdapat beberapa definisi mengenai lompat jauh menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Wiarto, lompat jauh adalah suatu gerakan melompat yang diawali dengan gerakan horizontal dan diubah ke gerakan vertikal dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki yang terkuat untuk memperoleh jarak yang sejauh-jauhnya.
2. Nurmai mendefinisikan lompat jauh sebagai salah satu nomor lomba dalam cabang atletik. Dalam nomor lompat ini, seorang pelompat akan berusaha ke depan bertumpu pada satu kaki di balok tumpuan sekuat-kuatnya untuk melakukan pendaratan di bak lompat dengan mencapai jarak sejauh-jauhnya.
3. Air Syarifuddin menjelaskan bahwa lompat jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat dengan mengangkat kaki ke atas ke depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara yang dilakukan dengan cepat dengan jalan.
4. Menurut Eddy Purnomo, lompat jauh adalah nomor sederhana dibandingkan dengan nomor-nomor lapangan lainnya. Lompat jauh adalah cabang dari atletik dan bagian dari mata rantai pendidikan jasmani.
5. Menurut Priyanto, lompat jauh adalah hasil dari kecepatan horizontal yang dibuat sewaktu awalan dengan daya vertikal yang dihasilkan dari kekuatan kaki saat menolak.

Berdasarkan teori di atas menurut peneliti lompat jauh adalah salah satu cabang atau nomor yang diperlombakan dalam atletik yang dilakukan dengan cara berlari oleh seseorang serta melakukan tolakan pada papan tolakkan yang telah disedikan.