Brilio.net - Perkembangan motorik anak sangat penting demi menunjang aktivitas fisik anak dalam keseharian. Salah satu upaya untuk melatih motorik anak terutama motorik kasar dapat dilakukan dengan menggunakan gerakan lokomotor.

Aktivitas latihan motorik kasar ini menarik, menyenangkan, dan sekaligus memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan rasa ingin tahu seluas-luasnya demi menguasai kompetensi tertentu.

Gerakan lokomotor adalah gerakan yang menyebabkan terjadinya perpindahan tempat untuk memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lainnya. Gerakan lokomotor memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh dan dapat dikombinasikan dengan gerakan lainnya.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai gerakan lokomotor dan manfaatnya untuk tubuh, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (5/7).

Pengertian gerakan lokomotor

pengertian gerakan lokomotor © berbagai sumber

foto: Unsplash/Greg Rosenke

Gerakan lokomotor adalah gerakan perpindahan tempat seperti lari, jalan, dan lompat. Tiga gerakan ini merupakan keterampilan paling dasar dari gerakan lokomotor karena ketiganya merupakan kemampuan yang berkembang seiring dengan perkembangan anak dan bersifat fungsional.

Gerakan lokomotor dapat berfungsi dengan baik jika ketika usia dini gerakannya sudah mengalami pematangan. Gerakan lokomotor dasar harus dikembangkan dan diberikan stimulus agar anak memiliki kesiapan untuk melakukan keterampilan yang lebih kompleks.

Gerakan dasar lokomotor memerlukan bimbingan dan latihan agar anak dapat melakukannya dengan benar karen pembentukan gerak tidak terjadi dengan sendirinya melainkan melalui proses latihan dan belajar secara berulang.

Para ahli mendefinisikan gerakan lokomotor sebagai gerakan-gerakan yang menyebabkan tubuh berpindah tempat atau mengembara ke dalam berbagai ruang yang dalam bahasa Inggris disebut dengan traveling. Gerakan lokomotor juga memiliki kelebihan yaitu dapat divariasi dengan berbagai media dan dapat dikombinasi antara gerakan satu dengan gerakan yang lainnya.

Kombinasi gerakan yang dibutuhkan untuk melatih motorik kasar anak adalah kombinasi lari dan lompat, kombinasi lari dan lempar, kombinasi jalan, lari, dan lempar serta kombinasi jalan, lari, dan lompat. Gerakan lokomotor juga dapat melatih keseimbangan, kelincahan, dan ketahanan. Oleh karena itu, gerakan lokomotor sering digunakan untuk meningkatkan motorik kasar pada anak.