Brilio.net - Musik pada dasarnya dapat dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Musik merupakan hasil olahan dari suara atau bunyi yang diberikan irama sehingga memiliki nilai keselarasan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi yang memiliki kesatuan dan kesinambungan. Musik juga dapat dipahami sebagai nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan.

Untuk mengetahui lebih rinci mengenai seni musik, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Sabtu (17/9).

Pengertian seni musik.

 unsur dan jenis seni musik © berbagai sumber

foto: Unsplash/Wes Hicks

Kata musik berasal dari sebutan untuk dewa-dewi dalam mitologi Yunani Kuno yaitu Muse yang bertanggung jawab terhadap perkembangan seni dan ilmu pengetahuan. Musik dapat didefinisikan sebagai seni mengorganisasi kumpulan nada-nada menjadi suatu bunyi yang memiliki arti.

Musik adalah karya cipta berupa bunyi atau suara yang memiliki nada, irama, dan keselarasan. Musik yang dimainkan menjadi komposisi terpadu dan berkesinambungan dapat memberikan pengaruh terhadap emosi dan kognisi. Musik juga merupakan karya cita berupa bunyi atau suara baik yang dihasilkan oleh ucapan manusia maupun suara dari alat tertentu.

Para ahli turut memberikan definisi musik sebagai berikut:

1. Menurut Koentjaraningrat, musik merupakan bagian dari kesenian dan kesenian merupakan salah satu unsur kebudayaan manusia.

2. Jamalus mendefinisikan musik sebagai suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik seperti irama, melodi, dan harmoni.

3. Menurut Reed dan Sidnell, seni musik adalah cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur melodi, ritme, harmoni, dan timbre.

4. David Ewen mengatakan, seni musik adalah ilmu pengetahuan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada baik secara vokal maupun instrumental.

Berdasarkan definisi dari para ahli dapat disimpulkan, musik merupakan seni yang timbul dari perasaan atau pikiran manusia sebagai pengungkapan ekspresi diri yang diolah dari suatu nada-nada atau suara-suara yang diatur dengan irama atau hitungan.