Brilio.net - Tari kreasi adalah salah satu gerak tari yang mengalami pembaruan. Tari kreasi diciptakan dari beragam ide kreatif dan hasil modifikasi dari tari tradisional. Tari kreasi juga tidak berpedoman pada sebuah tradisi atau kebudayaan.

Tari kreasi berfungsi sebagai pertunjukan dan hiburan sehingga eksplorasi gerak sangat diperlukan untuk menampilkan tari yang indah dan menghibur. Selain itu, tari kreasi juga dapat menjadi wadah untuk menuangkan ekspresi atas perasaan melalui gerakan tari yang lebih fleksibel dan luwes.

Untuk memahami lebih rinci mengenai tari kreasi, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (13/7).

Pengertian tari kreasi

tari kreasi dan penjabarannya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Tim Gouw

Indonesia dikenal memiliki berbagai jenis adat dan budaya salah satunya adalah seni tari. Seni tari pun semakin berkembang dan melahirkan banyak cabang seni tari salah satunya adalah tari kreasi.

Tari kreasi adalah bentuk gerak tari baru yang dirangkai dari perpaduan antara gerak tari tradisional kerakyatan dengan tari tradisional klasik. Gerakan ini berasal dari satu daerah atau berbagai daerah di Indonesia. Tari kreasi memiliki bentuk gerak, irama, rias, dan busana yang merupakan hasil modifikasi dari tari tradisi.

Pendapat lain menyebutkan bahwa tari kreasi adalah suatu bentuk garapan atau karya seni setelah bentuk-bentuk tari tradisi hidup berkembang cukup lama di masyarakat. Tari kreasi juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk karya seni berupa gerak yang dirangkai berdasarkan pola-pola tari yang telah ada dan memiliki kebebasan berekspresi sesuai dengan kreativitas penciptanya sendiri mengenai gerakan.

Berdasarkan beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa tari kreasi adalah suatu bentuk gerak tari baru yang diciptakan serta perpaduan dari tari tradisi yang dikembangkan sesuai dengan kreativitas.

(brl/lea)