Brilio.net - Seni rupa adalah salah satu cabang karya seni dengan media yang dapat ditangkap oleh indra penglihatan dan dirasakan melalui sentuhan. Seni rupa meliputi berbagai macam bidang. Jika dilihat dari jenisnya seni rupa dapat dibedakan menjadi seni rupa murni atau seni rupa terapan.

Karya seni rupa selalu menarik mata untuk dilihat. Selain keindahannya, seni rupa juga bentuk kreativitas seseorang dalam membuatnya. Tak jarang hasil dari seni rupa bisa ditampilkan dalam pertunjukan karya seni. Karya-karya artistik dalam seni rupa tentu saja memiliki makna dalam setiap detailnya.

Seni juga memiliki bentuk yang absurd, tragis, membingungkan, atau bahkan provokatif. Karena bentuk dari seni yang absurd menggambarkan imajinasi dan estetik bagi beberapa orang.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, inilah unsur dan jenis dari seni rupa, Kamis (10/3).

1. Pengertian seni rupa.

Seni rupa adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Berdasarkan Salam Sofyan, dkk dalam bukunya yang berjudul Pengetahuan Dasar Seni Rupa, berikut ini pengertian seni rupa menurut para ahli.

Sofyan Salam.

Seni adalah ekspresi-estetik melalui media visual, bunyi atau suara, gerak, dan lakon. Ekspresi-estetik ini murni dilakukan untuk berekspresi semata atau dilakukan demi memenuhi kebutuhan praktis tertentu.

Achdiat K. Miharja.

Seni adalah kegiatan rohaniah manusia yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rokhani penerimanya.

Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seni rupa adalah suatu aliran yang meliputi seni pahat dan seni lukis.

2. Unsur seni rupa.

Seni rupa adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Unsur Fisik.

Unsur fisik adalah unsur yang dapat ditangkap dan diidentifikasi secara kasat mata. Berikut ini unsur fisik dari seni rupa.

a. Bentuk.

Bentuk adalah salah satu unsur fisik seni rupa yang berupa titik, garis, bidang, dan gempal.

b. Warna.

Warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh cahaya pada mata. Dalam seni rupa warna menjadi unsur yang sangat penting.

c. Tekstur.

Tekstur adalah nilai raba suatu permukaan. Nilai raba dalam suatu permukaan bisa dilihat dari kasar atau halus.

d. Ruang.

Ruang terbagi menjadi dua yaitu positif dan negatif. Unsur seni rupa ruang, berkaitan dengan seniman itu sendiri. Pasalnya, seni rupa menciptakan kedalaman dari sebuah karya.

e. Struktur.

Struktur adalah susunan atau hasil pengorganisasian unsur-unsur dasar yang melahirkan wujud baru yang disebut karya seni. Struktur suatu karya seni adalah aspek yang menyangkut secara keseluruhan dari karya seni yang menunjukan adanya hubungan-hubungan tertentu pada unsur yang tersusun.

Unsur Non Fisik.

Unsur non fisik adalah isi yang terkandung pada seni rupa, kemudian dimaknai oleh pengamat.

3. Jenis seni rupa.

Seni rupa adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Karya seni rupa dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Setelah mengetahui arti dan unsur dari seni rupa, berikut ini jenis dari seni rupa.

a. Seni rupa berdasarkan wujudnya.

- Karya seni dua dimensi atau dwimatra, adalah karya seni rupa yang dapat dinikmati dari satu arah depan karena hanya memiliki dimensi panjang dan lebar.

- Karya seni tiga dimensi atau trimatra, adalah karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi sehingga wujudnya dapat dinikmati dari berbagai arah.

- Seni rupa empat dimensi atau yang sering disebut sebagai seni rupa berbasis waktu. Ini merupakan fenomena baru dalam dunia seni, seperti halnya pertunjukan, seni rupa video, dan lain sebagainya.

b. Seni rupa berdasarkan fungsinya.

- Karya seni rupa murni, adalah seni rupa yang dibuat semata-mata dengan niat untuk memenuhi kebutuhan mengekspresikan rasa indah atau estetik.

- Karya seni terapan, adalah seni rupa yang dibuat dengan maksud untuk memenuhi fungsi atau kegunaan tertentu yang bersifat praktis.

c. Seni rupa berdasarkan teknik pembuatannya.

- Teknik goresan atau sapuan warna.

- Teknik cetak.

- teknik ukir.

- Teknik anyam, tenun, dan rajut.

- Teknik sulam.

- Teknik tempel.

- Teknik membentuk dan mengkonstruksi.

- Teknik merangkai atau menyimpul.

- Teknik membatik.

- Dibuat dengan komputer.

- Seni rupa yang ditata atau dipertunjukan.

d. Seni rupa berdasarkan sikap batin pembuatnya.

- Seni rupa tradisional, batasan seni rupa tradisional pada suatu karya seni rupa melekat pada tradisi, budaya, etnis, dan bangsa.

- Seni rupa modern, diartikan bahwa seni rupa nggak berkenaan dengan masa atau waktu, melainkan hubungannya dengan sikap batin yang melatari lahirnya sebuah karya.

- Seni rupa posmodern, seni rupa ini berpijak dari filosofi postmodernisme yang berpandangan bahwa modernisasi telah gagal, sehingga menciptakan yang lebih baik.