Brilio.net - Ornamen atau yang biasa disebut dengan ragam hias adalah salah satu komponen produk seni yang ditambahkan atau sengaja dibuat untuk tujuan sebagai hiasan yang bersifat estetis. Ornamen juga berfungsi untuk membuat penampilan barang atau benda menjadi lebih menarik dan memiliki nilai estetika.

Selain itu, penerapan ornamen juga dapat meningkatkan nilai terhadap benda atau barang tersebut. Ornamen pada zaman masa sejarah dipengaruhi oleh kerajaan yang berkembang pada saat itu. Selain itu, ornamen juga dipengaruhi oleh budaya luar seperti Tiongkok, India, dan Arab karena hubungan persahabatan yang terjalin antar kerajaan.

Kemudian setelah masa kerajaan Islam, ornamen kembali berkembang dengan mengembangkan bentuk yang floratif. Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai ornamen dan fungsinya, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Minggu (14/8).

Definisi ornamen

definisi dan jenis-jenis motif ornamen © berbagai sumber

foto: Unsplash/Thomas Peham

Ornamen pada hakikatnya sekadar gambaran dari "irama" dalam garis atau bidang. Ornamen juga dapat dikatakan sebagai ilmu menghias. Ornamen berasal dari bahasa Yunani yaitu "ornare" yang berarti hiasan atau perhiasan.

Ornamen dibuat dengan maksud untuk menghias sesuatu benda atau bidang sehingga benda tersebut menjadi indah seperti yang biasanya kita lihat pada hiasan dinding rumah. Pendapat lain menyebutkan bahwa ornamen adalah komponen produk seni yang ditambahkan atau sengaja dibuat untuk tujuan sebagai hiasan.

Berdasarkan definisi tersebut, ornamen dapat dimaknai sebagai penerapan hiasan pada suatu produk. Bentuk-bentuk hiasan yang menjadi ornamen tersebut memiliki fungsi utama untuk memperindah benda atau barang yang dihias. Setiap motif ornamen juga memiliki makna yang mendalam dan seringkali berisi pesan-pesan tertentu.

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian ornamen yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Saragih, ornamen merupakan pictogram atau bahasa gambar untuk mengungkapkan ekspresi jiwa. Menurutnya, ornamen atau ragam hias adalah suatu hiasan pada permukaan benda-benda sandang, papan, dan perabotan yang bertujuan untuk memperindah benda tersebut.

2. Sunaryo berpendapat bahwa ornamen adalah penerapan hiasan pada suatu produk. Bentuk-bentuk hiasan yang menjadi ornamen berfungsi untuk memperindah barang yang dihias.

3. Meyer mengungkapkan bahwa ornamen dalam arti terbatas mengandung unsur-unsur dari hiasan yang dikembangkan dari motif daun-daun alam, bentuk geometris, dan bentuk-bentuk binatang.

Berdasarkan beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian ornamen adalah hiasan yang ditambahkan pada permukaan suatu benda atau suatu karya seni yang bertujuan untuk menambah nilai estetis dari suatu benda atau produk yang akhirnya akan menambah nilai finansial dari benda atau produk tersebut.

(brl/lea)