Brilio.net - Flowchart merupakan penggambaran secara grafik mengenai langkah-langkah dan urutan prosedur suatu program. Biasanya flowchart akan memengaruhi penyelesaian masalah yang khusus dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut. 

Flowchart juga dapat digunakan untuk menyajikan kegiatan manual, kegiatan pemrosesan, atau kegiatan keduanya. Secara sederhana, flowchart dibuat dan digunakan untuk membantu analis dan programmer untuk memecahkan masalah ke dalam segmen yang lebih kecil serta menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian. 

Nah, untuk mengetahui dan memahami lebih lanjut mengenai flowchart, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (24/8).

Pengertian flowchart

pengertian, jenis, dan simbol flowchart © berbagai sumber

foto: Pexels/Christina Morillo

Flowchart adalah representasi secara simbolik dari suatu algoritma atau prosedur untuk menyelesaikan suatu masalah. Dengan menggunakan flowchart dapat memudahkan pengguna untuk melakukan pengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. 

Di samping itu, flowchart juga berperan sebagai fasilitas untuk berkomunikasi dengan tim yang bekerja dalam suatu proyek. Flowchart juga dapat membantu memahami urutan-urutan logika yang rumit dan panjang serta membantu mengkomunikasikan jalannya program ke orang lain agar lebih mudah.