Brilio.net - Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Secara sederhana, banjir dapat didefinisikan sebagai hadirnya air di suatu kawasan luas, sehingga menutupi permukaan tanah.

Banjir juga dapat dilihat sebagai bagian dari siklus hidrologi bahwa volume air yang mengalir di permukaan bumi ditentukan oleh tingkat curah hujan dan tingkat peresapan air ke dalam tanah. Selain itu, banjir juga dapat dipahami sebagai aliran atau genangan air yang menimbulkan kerugian ekonomi atau bahkan menyebabkan kehilangan jiwa.

Banjir dapat terjadi karena rendahnya kemampuan infiltrasi tanah, sehingga menyebabkan tanah tidak mampu lagi menyerap air. Banjir juga dapat terjadi akibat naiknya permukaan air karena curah hujan yang tinggi, perubahan suhu, jebolnya tanggul atau bendungan, serta terhambatnya aliran air di tempat lain.

Untuk mengetahui lebih rinci mengenai peristiwa banjir, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Jumat (19/8).

Pengertian banjir

pengertian dan faktor penyebab banjir © berbagai sumber

foto: Unsplash/Misbahul Aulia

Banjir adalah ancaman musiman yang terjadi yang ditandai dengan meluapnya air dari saluran dan air tersebut menggenangi area di sekitarnya. Banjir juga menjadi bencana alam yang paling sering terjadi dan menimbulkan kerugian baik dari sisi kemanusiaan maupun ekonomi. Banjir dapat berkembang menjadi bencana ketika banjir tersebut mengganggu aktivitas manusia. Peristiwa banjir di suatu tempat bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi fisik wilayah tersebut.

Suatu wilayah atau tempat dapat dikatakan banjir apabila terjadi luapan air yang disebabkan kurangnya kapasitas penampang saluran. Banjir yang terjadi di bagian hulu biasanya memiliki arus banjir yang deras dan gaya gerus yang besar, tetapi durasinya pendek. Sedangkan banjir di bagian hilir arusnya tidak deras, tetapi durasi banjirnya panjang.