Brilio.net - Perdagangan atau perniagaan adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa yang berdasarkan kesepakatan bersama bukan pemaksaan. Pendapat lain menyebutkan bahwa perdagangan menjadi sebuah kegiatan jual beli yang dilakukan manusia dalam mengikuti perkembangan ekonomi dan teknologi dalam bidang perekonomian. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014, perdagangan diartikan sebagai tatanan kegiatan yang terkait dengan transaksi barang dan/jasa di dalam negeri dan melampaui batas wilayah negara dengan tujuan pengalihan hak atas barang dan/jasa untuk memperoleh imbalan atau kompensasi.

Perdagangan juga dapat dipahami sebagai sektor jasa yang menunjang kegiatan ekonomi antaranggota masyarakat dan antar bangsa. Pendapat lain menyebutkan bahwa perdagangan adalah kegiatan tukar-menukar atau transaksi jual beli antara dua pihak atau lebih. Untuk memahami lebih rinci mengenai perdagangan, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (17/8).

Pengertian perdagangan.

perencanaan beserta ciri dan klasifikasinya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Annie Spratt

Perdagangan merupakan proses tukar menukar barang dan jasa dari suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Kegiatan sosial ini muncul karena adanya perbedaan kebutuhan dan sumber daya yang dimiliki. Menurut Marwati Djoened, perdagangan adalah kegiatan ekonomi yang mengaitkan antara para produsen dan konsumen. Sebagai kegiatan distribusi, perdagangan menjamin peredaran, penyebaran, dan penyediaan barang melalui mekanisme pasar. Bambang Prishardoyo & Shodiqin juga menyatakan bahwa perdagangan adalah salah satu jenis kegiatan perusahaan dikarenakan menggunakan sumber daya produksi dalam rangka meningkatkan atau menyediakan pelayanan umum.

Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa perdagangan merupakan suatu aktivitas atau kegiatan jual dan beli antara produsen dan konsumen yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan serta dapat memenuhi kebutuhan bersama. Sedangkan menurut Bambang Utoyo, perdagangan merupakan proses tukar menukar barang dan jasa dari suatu wilayah dengan wilayah lainnya.

Cara kerja perdagangan 

perencanaan beserta ciri dan klasifikasinya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Caleb Stokes

Aktivitas perdagangan melibatkan transfer barang dari satu orang ke orang lain dengan imbalan uang. Perdagangan juga berkaitan dengan transaksi mulai dari kompleksitas pertukaran barang hingga kebijakan multinasional untuk ekspor dan impor antarnegara.

 

(brl/pep)