Brilio.net - Kelompok sosial merupakan kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan berhubungan antara satu dengan lain tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi. Kelompok sosial terbentuk melalui proses interaksi dan sosialisasi saat manusia berhimpun dan bersatu dalam kehidupan bersama berdasarkan hubungan timbal balik, saling memengaruhi, dan memiliki kebersamaan untuk tolong menolong.

Kelompok sosial terdiri paling sedikit dua orang dan dapat terus bertambah. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci mengenai kelompok sosial, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (17/8).

Pengertian kelompok sosial.

kelompok sosial dan penjabarannya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Brooke Cagl

Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok sosial juga digambarkan sebagai salah satu fokus perhatian dari pusat pemikiran sosiologis karena titik tolaknya adalah kehidupan bersama. Semua orang atau individu dalam dunia ini pada awalnya merupakan anggota kelompok sosial yang bernama keluarga. Beberapa ahli turut mengemukakan definisi mengenai kelompok sosial di antaranya:

1. Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena adanya hubungan di antara mereka. Hubungan tersebut antara lain menyangkut hubungan timbal balik yang saling memengaruhi dan juga suatu kesadaran untuk saling menolong.

2. Menurut Paul B Horton dan Chester L Hunt, istilah kelompok sosial diartikan sebagai kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.

3. Goerge Homans berpendapat, kelompok adalah kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi, dan memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan berhubungan secara timbal balik.

4. Sherif and Sherif mendefinisikan kelompok sosial sebagai suatu unit sosial yang terdiri dari dua atau lebih individu yang telah mengadakan interaksi sosial yang cukup intensif dan teratur sehingga terdapat pembagian tugas, struktur, dan norma tertentu yang khas bagi kelompok tersebut.

5. Roland Freedman mengemukakan, kelompok sosial adalah organisasi yang terdiri atas dua atau lebih individu yang tergantung oleh ikatan-ikatan suatu sistem yang diterima dan disetujui oleh seluruh anggotanya.

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan, kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama karena adanya hubungan antar mereka.