Brilio.net - Wall moulding, atau yang dikenal sebagai panel dinding adalah elemen arsitektural yang digunakan untuk menghias dan mengubah tampilan dinding dalam ruangan. Teknik ini sudah digunakan selama berabad-abad dan masih menjadi salah satu pilihan desain populer hingga saat ini.

Wall moulding umumnya terbuat dari kayu, gipsum, poliuretan, atau bahan-bahan lainnya, yang dipasang pada dinding untuk menciptakan detail-detail estetik yang menarik. Wall moulding pertama kali dipakai untuk bangunan di istana maupun kastil di Eropa. Itu sebabnya dekorasi ini identik dengan kesan mewah dan berkelas.

Nah, kamu juga bisa menciptakan kesan mewah di rumah secara mandiri. Bahan-bahannya sederhana, serta caranya nggak terlalu rumit. Cost yang dikeluarkan juga nggak banyak, lho. Brilio.net menyadur akun TikTok @shantywidyalistya0, berikut ulasan lengkapnya, Jumat (13/10).

wall moulding low budget © TikTok

wall moulding low budget
TikTok/@shantywidyalistya0

Untuk membuat wall moulding yang ciamik kamu cukup membeli gypsum di toko bangunan, compound atau kompon, dan lem.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengukur panjang dan lebar tembok yang akan dipasang wall moulding. Dalam video ini untuk panjang dinding yaitu 4,5 meter, sementara lebarnya yaitu 3 meter.

wall moulding low budget © TikTok

wall moulding low budget
TikTok/@shantywidyalistya0

Jangan lupa persiapkan contoh desain wall moulding yang kamu inginkan. Kamu bisa menggambar di atas kertas atau komputer. Selanjutnya menggambar garis bantu untuk gypsum yang akan dipasang.

Dalam video ini, dengan ukuran dinding 4,5 x 3 meter, maka dibutuhkan 17 gypsum. 1 meter gypsum harganya Rp 12 ribu, jadi total biaya gypsum yakni Rp 204 ribu. Setelah diukur dan digambar, potong gypsum menggunakan gergaji khusus, sebelum akhirnya dipasang ke dinding.