Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu, kain pel, ember, air hangat, cairan pembersih lantai, garam, dan sabun cuci piring. Tetapi sebelum dipel, bersihkan lantai granit dari debu dan kotoran dengan menyapunya. Pastikan tidak ada sisa kotoran yang menempel pada lantai.

Kemudian barulah isi ember dengan cairan pembersih lantai, garam, dan sabun cuci piring dengan perbandingan 1:1:1. Kemudian masukkan dalam air hangat dan hingga tercampur rata.

mengepel lantai granit agar keset © TikTok

mengepel lantai granit agar keset
TikTok/@rumah.awjourney

Celupkan kain pel ke dalam larutan pembersih yang sudah dibuat. Peras kain pel hingga tidak terlalu basah.

Lap lantai granit dengan kain pel yang sudah dicelupkan ke dalam larutan pembersih. Gunakan gerakan memutar atau melingkar untuk mengangkat kotoran dan lemak yang menempel pada lantai. Lakukan hingga seluruh permukaan lantai terlap.

mengepel lantai granit agar keset © TikTok

mengepel lantai granit agar keset
TikTok/@rumah.awjourney

Bilas kain pel dengan air bersih. Lap kembali lantai granit dengan kain pel yang sudah dibasahi dengan air dingin dan pewangi pakaian. Tujuannya adalah agar lantai granit yang dipel tidak terlalu licin dan lengket.

mengepel lantai granit agar keset © TikTok

mengepel lantai granit agar keset
TikTok/@rumah.awjourney

Keringkan lantai granit dengan menggunakan kain lap kering atau biarkan mengering secara alami. Dengan menggunakan campuran garam dan sabun cuci piring memang bisa membuat lantai granit kamu jadi bersih, keset, dan mengkilap.

Garam berfungsi sebagai scrub atau penggosok yang bisa mengangkat kotoran yang menempel pada pori-pori lantai granit. Garam juga bisa memberikan efek mengkilap pada lantai granit kamu. Sementara sabun cuci piring juga memiliki formula yang dilengkapi minyak esensial alami tanpa pewarna, paraben, dan fosfat, sehingga aman untuk dipakai mengepel lantai granit.

Namun, jangan mengepel lantai granit dengan bahan campuran tersebut terlalu sering ya. Lebih baik dilakukan dua minggu sekali. Pasalnya, larutan ini bisa merusak lapisan polesan atau coating yang melindungi lantai granit dari goresan dan kusam.

Untuk perawatan sehari-hari, cukup gunakan air bersih atau larutan pembersih yang lembut dan tidak mengandung zat asam atau basa.

@rumah.awjourney Tips ngepel granit supaya kinclong dan bersih. Jangan terlalu sering. 1 bulan cukup 1-2x saja. Selebihnya ngepel biasa saja. Air dingin + super pel 1 minggu cukup 2-3x saja. Semoga bermanfaat. #masyallahtabarakallah #masyaallahtabarakaallah #granit #granite #granitecutting #granites #granitegrey #tipsngepel #tipsngepellantai #pellantai #pellantaipraktis #pellantaiviral #pellantaiotomatis #microfiber #microfibertowel #pelmicrofiber #kainpelmicrofiber Denting - Petra Sihombing