Brilio.net - Apa yang kamu rasakan jika seseorang mencoba menjilat bola matamu? Mungkin terdengar ngeri bahkan menjijikan. Namun seorang nenek asal Bosnia Herzegovina mengaku bisa mengobati dengan menjilat mata pasiennya.

Hava Celebic atau Nana Hava dikenal penduduk lokal di desanya karena diduga mampu menyembuhkan 5.000 orang dengan menggunakan teknik yang tidak biasa.

Seperti dikutip dari laman Metro, Sabtu (28/1), Hava mengklaim sebagai satu-satunya orang di dunia yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit dengan lidahnya.

nenek ini punya profesi aneh jadi tukang jilat bola mata © 2017 metro.co.uk

Sebelum menjilati mata pasiennya, Hava akan membersihkan lidahnya terlebih dahulu dengan cairan alkohol.

Loading...

Wanita berusia 80 tahun tersebut lalu akan menggunakan lidahnya untuk mengeluarkan potongan-potongan besi, batu bara, serbuk gergaji, dan kaca yang tak sengaja masuk ke dalam bola mata pasiennya.

"Ada banyak orang di kedokteran yang tidak bisa membantu. Mereka lalu datang ke saya dengan mata bengkak dan saya membersihkan mata mereka dengan lidah saya," ujar Hava.

nenek ini punya profesi aneh jadi tukang jilat bola mata headline © 2017 metro.co.uk

"Saya telah diberitahu bahwa orang-orang di desa akan memotong lidah saya ketika saya mati, sehingga dapat terus dimanfaatkan," sambungnya.

Setiap berobat, para pasien akan dikenakan biaya 10 euro atau sekitar Rp 142.000.

"Aku tidak mengenakan biaya bagi mereka yang tidak bekerja dan tidak memiliki uang, tetapi biaya layanan saya biasanya sekitar 10 euro," tutur Hava.