Brilio.net - Saat perenang Amerika Michael Phelps menerima medali emas  4 x 100 meter gaya bebas, banyak yang bertanya-tanya: Apa itu lingkaran ungu pada lengan dan punggungnya? Sangat terlihat ada tanda bulatan ungu pada beberapa bagian tubuh Phelps.

Kamu pasti tak menyangka, ternyata tanda ungu yang ada pada tubuh Phelps adalah bekas bekam. Ya, bekam tentu menjadi hal yang tak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Meski sudah turun menurun ada, nyatanya bekam kini sudah banyak ditinggalkan oleh generasi muda sebagai cara pengobatan alternatif. Tapi di luar negeri, malah banyak atlet Olimpiade yang menggunakan bekam untuk memulihkan performa mereka.

atlet amerika pakai bekam © 2016 brilio.net

Tak cuma Michael Phelps, ternyata banyak atlet Amerika lainnya yang juga memanfaatkan pengobatan bekam, di antaranya adalah perenang Natalie Coughlin, perenang Nathan Adrian, dan atlet Gimnastik Alex Naddour.

atlet amerika pakai bekam © 2016 brilio.net

Loading...

Praktik bekam sendiri sudah ada lebih dari 2.000 tahun lalu. Menurut Jill Blakeway, dokter akupuntur dan pengobatan China sekaligus pendiri The YinOva Center di New York, bekam merupakan pijat di mana sebuah cangkir hisap digunakan pada kulit untuk menarik otot yang sakit.

atlet amerika pakai bekam © 2016 brilio.net

Ada dua jenis cangkir yang digunakan, berbahan kaca atau plastik. Api vakum oksigen ditempatkan pada kaca itu, lalu ditempelkan pada daerah yang diinginkan. Semakin modern, kini banyak jenis alat bekam, hingga yang menggunakan pompa hisap. Cangkir yang didiamkan itu akan meninggalkan tanda melingkar seukuran alat itu.

atlet amerika pakai bekam © 2016 brilio.net

"Dalam dua atau tiga hari bekas itu baru hilang yang berarti menunjukkan peningkatan aliran darah pada daerah tubuh itu," kata dokter Jill Blakeway seperti dikutip brilio.net dari ELLE.com, Selasa (9/8).

Menurut Jill Blakeway, beam menarik darah segar dan getah bening ke dalam jaringan. Dengan meningkatnya aliran darah pada pembuluh kecil, jaringan akan lebih banyak nutrisi dan oksigen.

Itulah mengapa banyak atlet yang menggunakan bekam untuk meningkatkan performa, karena mengurangi kekakuan, mengurangi otot kram, menghilangkan jaringan parut, dan membantu penyembuhan lebih cepat.

Wah...bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba bekam?