Brilio.net - Kamu mungkin sudah tahu jika China adalah negara penghasil atlet-atlet hebat yang berlaga di berbagai kompetisi, baik di Asian Games maupun Olimpiade. Namun, ketatnya persaingan membuat para atlet banyak berpindah kewarganegaraan untuk karier yang lebih baik.

Contohnya seperti para atlet tenis meja yang berlaga di Olimpiade 2016 ini. Coba perhatikan baik-baik, para atlet tenis meja yang membela berbagai negara, mulai dari Amerika Serikat, Kongo, Polandia, Qatar, Jerman, dan masih banyak lagi.

tenis meja china © 2016 brilio.net

Lihat dengan seksama nama dan wajah mereka. Yup, mereka semua atlet keturunan China. Unik banget ya, ini bukti bahwa China memang penghasil atlet-atlet hebat! Nah, simak beberapa profil singkat mereka seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (8/8):

1. Han Ying (Jerman)

Loading...

Atlet kelahiran Liaoning, China, berusia 33 tahun ini berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Jerman pada tahun 2010.

2. Lin Gui (Brasil)

Lin Gui adalah atlet muda kelahiran Nanning, Guangxi, China, berusia 22 tahun. Dia menetap di Brasil sejak usia 12 tahun dan saat menginjak 18 tahun, dirinya resmi menjadi warga negara Brasil.

3. Li Ping (Qatar)

Pemain tunggal yang kini membawa nama Qatar ini lahir di Tianjin, China. Dirinya resmi membela Qatar pada tahun 2009 yang lalu.

4. Liu Jia (Austria)

Lahir 34 tahun yang lalu di Beijing, China, Liu Jia memutuskan untuk menjadi warga negara Austria saat usianya menginjak 16 tahun. Dari situ dirinya mulai membela timnas Austria.

5. Wang Zengyi (Polandia)

wanita ini lahir di Tianjin, China pada tahun 1983. Wang Zengyi tercatat sudah membela timnas Polandia sejak Olimpiade 2012.