Brilio.net - Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan teknik penyembuhan tradisional dari China yang satu ini. Dengan menggunakan jari-jari tangan, teknik yang disebut dengan akupresur ini dilakukan dengan menekan titik-titik tertentu pada tubuh. Tekanan yang diberikan bertujuan untuk memperlancar aliran darah sehingga akan mengaktifkan antibodi di dalam tubuh untuk menyembuhkan gejala-gejala penyakit tertentu.

Dalam tradisi penyembuhan tradisional China, gejala penyakit tertentu pada dasarnya adalah sumbatan atau ketidakseimbangan aliran energi chi. Nah, dengan melakukan teknik akupresur dipercaya akan mengembalikan keseimbangan aliran energi dengan menekaan titik-titik di sepanjang meridian.

Teknik akupresur mirip dengan akupuntur. Bedanya adalah penggunaan jarum pada teknik akupuntur yang digunakan untuk menekan titik-titik pada tubuh. Nah, kalau teknik akupresur kamu cukup mengandalkan jari tangan saja. Bisa menggunakan jari jempol atau telunjuk dan jari tengah. Lantas tahukah kamu di mana titik akupresur pada tubuh yang bisa kamu tekan?

Rupanya, ada dua titik akupresur yang secara signifikan bisa berdampak positif pada tubuh. Tak hanya bermanfaat untuk melancarkan aliran darah yang tersumbat saja, dengan menekan titik-titik tertentu dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi, fokus dan memori kamu.

BACA JUGA: 7 Jawaban sakti yang bisa kamu berikan pas ditanya 'kok masih jomblo?'

Ini dia 2 titik akupresur yang perlu kamu ketahui, seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Senin (20/6). Bisa kamu coba nih!

1. Di bagian telapak kaki, sekitar satu pertiga dari jempol kaki.

titik akupresur © 2016 brilio.net

Tempat di mana tulang-tulang jempol kaki dan di sela jari kaki. Kamu bisa meletakkan jari di titik tersebut dan menekan dengan jari telunjuk selama 3-4 menit. Setelah itu, lepaskan tekanan yang diberikan dan ulangi cara yang sama selama 4-5 kali sepanjang hari. Bila dilakukan secara teratur, dapat meningkatkan konsentrasi, fokus dan kemampuan untuk mengingat.

2. Titik di ujung alis paling luar.

titik akupresur © 2016 brilio.net

Berikan sedikit tekanan pada dua titik secara bersamaan selama tiga menit. Ulangi proses ini sepanjang hari selama sekitar 4-5 kali. Cara ini tak hanya akan meningkatkan daya konsentrasi dan fokus, tapi juga membebaskan kamu dari stres serta dapat menenangkan pikiran dan tubuh kamu.