Brilio.net - Merantau dan tinggal di kos merupakan pilihan umum bagi banyak orang yang bekerja atau belajar di tempat yang jauh dari rumah. Kos merupakan tempat tinggal yang praktis, fleksibel, dan harganya juga terjangkau. Ngekos biasanya mencakup menyewa kamar atau unit kecil yang dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti tempat tidur, meja, dan kamar mandi. Namun ada juga kos-kosan yang hanya menyediakan ruangan saja.

Salah satu keuntungan ngekos adalah menghemat waktu dan usaha yang diperlukan untuk mempersiapkan dan merawat fasilitas rumah tangga. Karena sebagian besar fasilitas umum seperti kebersihan dan pemeliharaan sudah diurus oleh pemilik atau pengelola kos. Selain itu, kos juga membuka peluang untuk menjalin hubungan sosial dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan daerah.

Saat ini, mencari kos yang nyaman dan sesuai tak lagi mudah. Butuh persaingan dengan calon-calon penyewa lain. Apalagi harga properti seperti rumah tak lagi murah, sehingga banyak yang lebih memilih untuk ngekos.

Salah satu aplikasi pencari kos, Mamikos melaporkan meningkatnya permintaan penyewaan kamar sebesar lebih dari 125% selama kuartal pertama pada 2022. Platform tersebut juga mencatat lebih dari 5 juta percakapan yang masuk, dengan 7 juta orang pencari kos setiap bulannya. Hal ini menunjukkan ketatnya persaingan mencari kos.

Salah satu orang yang merasakan betapa sulitnya mencari kos ada pada video ini. Ia membagikan sebuah kisah yang bisa bikin orang ketawa tapi juga kasihan. Ceritanya bisa disimak lewat postingan TikTok dari akun @firdaamelliaf yang dilansir brilio.net, Selasa (6/2).

ngekos harus anak fk © TikTok

foto: TikTok/@firdaamelliaf

Dalam video tersebut, awalnya ia mengatakan bahwa nyari kos adalah perkara yang gampang. Ternyata wanita itu tidak serius dalam mengucapkan pernyataannya tersebut. Ia mengucapkannya hanya sebagai sindiran bagi yang mengatakan demikian. Ia pun membuktikan betapa susahnya mencari kos.