Saking derasnya badai, perahu yang berpotensi kemasukan air dari luar itu ditutup dengan menggunakan terpal. Para nakes membantu memasangkan terpal agar tidak mengenai pasien. Beberapa yang lain berjaga sambil berpegangan tangan.

Sementara itu, pasien yang sedang sakit hanya bisa berbaring di tengah perahu dengan berselimut. Para nakes juga harus menjaga botol infus agar tidak jatuh ketika tertiup angin yang sangat kencang.

kisah bidan terjang badai demi pasien TikTok

foto: TikTok/@dewiyanti.m

Setelah beberapa lama harus berhadapan dengan badai dan awan gelap, akhirnya para nakes dan pasien pun sampai di rumah sakit dengan selamat. Pasien yang sudah dalam kondisi lemas itu pun langsung diberikan tindakan oleh pihak rumah sakit.

Sementara itu nakes yang sudah lelah melakukan perjalanan laut yang menegangkan langsung kembali ke pulau di mana mereka harus mengabdi. Kendati perjalanan menuju rumah sakit tak mudah, para nakes ini mengaku sudah terbiasa.

"Resiko kami tinggal dan bekerja di daerah kepulauan. Sudah terbiasa dengan ombak besar," tulis dalam video tersebut.

kisah bidan terjang badai demi pasien TikTok

foto: TikTok/@dewiyanti.m

Dalam video lainnya, diperlihatkan juga para nakes ini mengantar pasien ibu yang akan melahirkan. Dengan hanya menaiki perahu sampan tanpa atap, mereka menerjang ombak dan membelah ombak menuju rumah sakit yang berada di seberang pulau.

"Menolong ibu dan bayi agar selamat sampai rumah sakit butuh perjuangan melewati cuaca buruk," tulis keterangan dala video.

Melihat momen perjuangan ini, warganet pun menaruh rasa kagum para bidan yang tidak disebutkan namanya tersebut. Di kolom komentar, warganet turut memberikan semangat dan doa agar dilancarkan dan bisa dibangun fasilitas kesehatan dan gaji yang lebih memadai.

"Ya Allah mampukan hamba di kemudian hari untuk bisa memberikan fasilitas kesehatan terbaik di seluruh pelosok negeri ini ," tulis pemilik akun @cessaniaw yang seorang dokter.

"Kakak-kaka bidan semangat. Semoga selalu sehat dan bahagia," kata akun @farahsubagyo.

"Sebagai mantan nakes, saya salut sama mbak. Pahalamu besar banget mbak," ujar akun @kokomuini.

"Aku nangis terharu lihat video ini. Terima kasih kalian para pahlawan," tulis akun @geminihebat1.

@dewiyanti.m Perjalanan merujuk pasien ke RS. #bidankepulauan #bidanindonesia suara asli - Anti12