Brilio.net - Menjadi seorang bidan merupakan pekerjaan yang mulia. Dapat membantu seorang ibu untuk melahirkan sang buah hati dengan selamat menjadi kebahagiaan tersendiri bagi seorang bidan. Tidak jarang, beberapa bidan harus berjuang lebih untuk membantu proses persalinan.

Berjuang membantu seorang ibu melahirkan dalam kondisi darurat pernah dialami oleh salah seorang bidan hebat ini. Dilansir brilio.net dari sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @tania_ahmad, Jumat (3/9), ia membagikan kisah perjuangannya membantu seorang ibu melahirkan di tengah laut.

@tania_ahmad Persalinan darurat di tengah laut #bidanindonesia #tenagakesehatan #sulawesitenggah #banggailaut suara asli - Antania Ahmad

 

Dalam video tersebut, pemilik akun Tiktok bernama Antania Ahmad membagikan pengalamannya saat menjadi tenaga kesehatan di Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

"Sedikit cerita tentang pengalaman saya dan teman saya bidan Wanti selama menjadi tenaga kesehatan di daerah terpencil Banggai Laut," tulisnya dalam keterangan video tersebut.

Dituliskan dalam video tersebut, menceritakan tentang seorang ibu hamil yang harus dirujuk ke rumah sakit yang ada di kabupaten. Akan tetapi, untuk menuju rumah sakit rujukan, dia bersama temannya harus menyeberang laut lebih dahulu.

Perjuangan bidan bantu melahirkan di tengah laut © TikTok/@tania_ahmad

foto: Tiktok/@tania_ahmad

"Ada seorang ibu hamil yang terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit yang bereda di kabupaten, karena ada satu dan lain hal yang diharuskan pasien dirujuk untuk keselamatan ibu dan bayi," ujarnya.

Mereka tampak melakukan perjalanan laut menggunakan sebuah perahu. Pada saat itu cuaca dan ombak sedang tak bersahabat. Namun, mereka harus segera membantu ibu hamil tersebut untuk mendapatkan perawatan.

"Melihat cuaca dan ombak yang lagi musim di daerah kami, sebenarnya berat hati untuk melakukan perjalanan laut dari kecamatan menuju kabupaten," imbuhnya.

Mereka akhirnya berangkat melakukan perjalanan laut setelah cuaca dan kondisi sedikit lebih baik. Perjalanan menuju rumah sakit memakan waktu 40 menit. Wanita itu sempat berpikir bagaimana jika melahirkan di tengah laut. Rupanya, hal tersebut benar terjadi. Ibu hamil terpaksa melahirkan di tengah laut.

Perjuangan bidan bantu melahirkan di tengah laut © TikTok/@tania_ahmad

foto: Tiktok/@tania_ahmad

"Pasien melahirkan di tengah laut dengan suasana ombak yang kurang bersahabat," jelasnya.

Dalam video tersebut, pasien tampak berbaring dan memegang perutnya sembari ditutup sarung. Sementara, bidan tersebut terlihat menggunakan peralatan seadanya untuk membantu persalinan pasien. Beruntungnya, proses persalinan berjalan lancar. Bayi yang dikandung akhirnya dapat lahir dengan selamat.

Perjuangan bidan bantu melahirkan di tengah laut © TikTok/@tania_ahmad

foto: Tiktok/@tania_ahmad

Kisah perjuangan bidan yang membantu persalinan di tengah laut ini pun mengharukan. Pada kolom komentar unggahan tersebut dipenuhi oleh respons dari para warganet.

"terima kasih ibu bidan dan semua orang yang terlibat di prosses persalinan yang telah menyelamatkan nyawa bayi dan ibu," tulis @hantubelau.

"ya allah merinding, perjuangan nakes di luar jawa luar belas," komentar @mamabella.

"Masyaallah bidan Indonesia luar biasa. Sllu semangat& ikhlas kak dalam membantu masyarakat & melayani masyarakat," tulis akun @itsmetiara.