Brilio.net - Menjalani kehidupan ini memang harus penuh dengan perjuangan. Terlebih untuk dapat meraih masa depan yang indah seseorang orang harus bekerja keras. Kerja keras yang telah diperjuangkan tentunya akan membuahkan hasil.

Seperti kisah salah seorang pria inspiratif yang ramai diperbincangkan di media sosial ini. Ia berjuang sekuat tenaga mencari uang saku saat sekolah dengan berjualan bakso pernah ia jalani. Kini ia pun telah menuai hasil dari kerja kerasnya tersebut.

Dilansir brilio.net dari sebuah video di akun TikTok @manusia.ratarata, Rabu (1/8) terlihat pria tersebut mengenakan seragam sekolah lengkap, seorang siswa tak malu untuk membawa gerobak bakso di atas sepeda motor miliknya. Berbeda dengan anak-anak lainnya, ia rela bangun lebih awal untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

@manusia.ratarata Sedikit Ceritaku, semoga bisa menjadi Inspirasi @mastercorbuzier #fyp #fyp #kisahinspiratif #motivasihidup #motivasisukses #inspirasi #wirausahamuda Di sound ini banyak orang2 kuat - MILKAAAA

"Setiap hari harus bangun jam 4 pagi buat mempersiapkan semua masak dll," tulisnya pada vdieo.

Jam istirahat rela dikorbankan. Asal ia mendapat banyak pembeli bakso dagangannya.

Tak malu jualan bakso sambil sekolah © TikTok/@manusia.ratarata

foto: TikTok/@manusia.ratarata

"Berangkat sekolah sambil membawa dagangan pakai motor pakai seragam sekolah. Ketika yang lain istirahat, saya jualan, makan istirahat nyolong waktu ketika di kelas," sambungnya.

Tentu tidak mudah menjalani hidup sebagai seorang pelajar sembari berdagang bakso di sekolah. Berbagai kejahilan teman hingga kondisi tubuh yang tak prima sempat menjadi penghalang.

"Pernah kebakaran motor dan gerobaknya karena ada teman yang iseng," ujarnya.

Namun, ia memilih untuk tetap berjuang dan menjadi kian tangguh. Setiap hari libur, ia tak menggunakan waktu untuk istirahat dan justru tetap berjualan di pasar.

"Setiap minggu jualan juga di pasar untuk tambahan uang saku," tambahnya.

Segala kerja kerasnya semasa remaja tersebut benar-benar terbayarkan. Kini, ia mampu menapaki jenjang pendidikan tinggi menggunakan beasiswa serta memiliki usaha sendiri yang terus berkembang.

Tak malu jualan bakso sambil sekolah © TikTok/@manusia.ratarata


foto: TikTok/@manusia.ratarata

"Dan akhirnya dengan kerja keras dan doa orangtua, jadi bisa kuliah dengan beasiswa, punya outlet pertama dan terus berkembang," ceritanya.

Melalui pengalamannya yang inspiratif itu, ia pun beberapa kali menjadi pembicara seminar hingga kembali mendapatkan beasiswa wirausaha. Hidupnya berubah drastis.

Tak malu jualan bakso sambil sekolah © TikTok/@manusia.ratarata


foto: TikTok/@manusia.ratarata

"Bisa menjadi pembicara di beberapa seminar wirausaha, dapat beasiswa wirausaha dari Mien R Uno Foundation, bisa beli mobil dengan hasil kerja sendiri walaupun mobil biasa. Dan ini adalah titik baliknya, semua yang dulu pernah saya katakan di sana benar-benar terwujud," ungkapnya.