Brilio.net - Kecelakaan lalu lintas bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya kesalahan manusia, teknis kendaraan dan lingkungan atau fasilitas jalan. Bila penyebabnya ada pada kesalahan manusia, sebenarnya kecelakaan tersebut bisa dicegah dengan tertib berkendara. Tapi bagaimana bila penyebabnya adalah kondisi jalan?

Beberapa daerah yang jauh dari perkotaan biasanya memiliki akses jalan yang cukup parah. Mulai dari jalan berlubang, penerangan yang kurang, dan masih banyak lagi. Seperti jalan yang ada di daerah Batam berikut ini. Sepanjang pinggiran jalan ini dipenuhi oleh semak yang cukup tinggi.

Sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @zuriel992 memperlihatkan aksi pemuda yang sedang membersihkan semak di pinggir jalan. Tak seorang diri, ia mengajak teman-temannya untuk mengawasi bila ada kendaraan yang hendak lewat.

bersih bersih jalan © 2021 berbagai sumber

foto: TikTok/zuriel992

Menilik video rekaman di TikTok @zuriel992, seorang pria memotong rumput di sepanjang pinggir jalan tersebut. Beberapa anak muda lainnya berjaga dipinggir jalan untuk memberi aba-aba bagi pengendara untuk berhati-hati.

Menurutnya semua itu dilakukan agar pengguna jalan bisa nyaman melewati jalan tersebut. Terutama pada bagian tikungan yang rawan kecelakaan. Selain itu para pengendara bisa melihat kendaraan lain dari arah berlawanan.

"Gw tetap bersih2 jalan demi ketenangan pengendara. Apalagi pas di tikungan begini. Rawan kecelakaan," tulis akun @zuriel992 dalam video.

bersih bersih jalan © 2021 berbagai sumber

foto: TikTok/@zuriel992

Aksi para pemuda itu mendapat acungan jempol dari warganet. Warganet salut dengan sikap mereka yang mau membantu tanpa harus diperintah. Tanggapan positif pun membanjiri kolom komentar postingan tersebut.

"PANJANG UMUR ORANG-ORANG BAIK," kata Yan Notts.

"baik bgt, semoga saya bisa meniru," tulis saif.

"biarlah tuhan yg membalas perbuatanmu orang baik....semangat," terang akun @gunturbledex8.

"Wah ini yg harus dicontoh para netizen kan," kata Lovepiayu.

@zuriel992

Canda dana ##batamhits ##bersihbersih ##bodoamat ##pinggirjalan ##hoax ##fyp

Bodo Amat - 4hardik