Brilio.net - Menyontek menjadi salah satu kegiatan curang yang terkadang dilakukan siswa saat ujian sedang berlangsung. Agar hal ini tidak terjadi saat ujian, berbagai upaya dilakukan oleh pengajar. Salah satu cara yang umum yaitu menjauhkan kursi siswa satu sama lain.

Tidak hanya itu, terkadang setiap siswa membuat benteng dari buku untuk menutupi setiap sisi. Tapi selain kedua cara tersebut ternyata ada lho cara lain yang unik dan menarik. Foto-foto mengenai cara unik anti menyontek ini dibagikan di Facebook oleh akun Mandane-Ortiz R Mary Joy, Senin (17/10) lalu.

Dilansir brilio.net dari BBC, Rabu (26/10) cara ini dicetuskan seorang dosen di Kota Legazpi, Filipina yang meminta mahasiswanya untuk membuat topi 'antinyontek' ketika ujian. Topi 'antinyontek' itu dibuat dengan tujuan utama mencegah mahasiswanya agar tidak mengintip lembar jawaban dari mahasiswa lain.

Mahasiswa pakai topi

foto: Facebook/Mandane-Ortiz R Mary Joy

Namun hal tersebut ternyata di luar ekspektasi sang dosen. Mahasiswa tersebut justru membuat topeng dengan desain yang antimainstream. Ada yang berbentuk topi bak anime dan ada juga yang berbentuk boneka. Bahkan dibuat dari bahan seadanya yang ada di sekitar kampus. Mulai dari kardus, tempat bekas telur, dan bahan daur ulang lainnya.

"Ujian tengah semester. Topi anticurang ke level berikutnya," tulisnya dikutip brilio.net dari Facebook Mandane-Ortiz R Mary Joy, Rabu (26/10).