Brilio.net - Semua murid pasti sepakat dan paham betul bahwa menyontek adalah perbuatan yang tidak baik. Tak hanya membohongi guru dan orang tua, menyontek sama halnya dengan mengibuli diri sendiri. Ia juga merugikan karena dengan demikian kita jadi tak tahu seberapa dalam pemahaman kita akan sebuah materi pelajaran.

Mirisnya, walau begitu tetap saja banyak murid yang masih saja gemar mencontek. Alasannya beragam, ada yang karena memang tak mengerti sama sekali jawaban atau cara mengerjakan soal. Lalu, ada pula yang karena sekadar ingin 'mencocokkan' alias tidak percaya diri dengan jawabannya.

Namun yang paling ngeselin nih, banyak murid yang ternyata berlaku 'semena-mena' saat meminta jawaban kepada temannya ini. Tanpa menghiraukan tata berkirim pesan yang sopan, mereka langsung saja menodong jawaban yang dibutuhkan. Nah, kalau kamu nggak begitu, kan?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut sederet chat pelajar +62 yang isinya minta contekan, Jumat (26/3). Ngeselinnya itu lho, benar-benar menguji kesabaran.

1. Coba latihan translate sendiri dong. Pakai bantuan kamus kalau nggak tahu artinya.

Loading...

Chat minta contekan © berbagai sumber

foto: Twitter/@Andaru__9

2. Udah betul nih sikapnya, cuekin aja kalau ada yang minta contekan.

Chat minta contekan © berbagai sumber

foto: Twitter/@tteaaddict

3. Makanya belajar guys, jangan bergantung ke temen.

Chat minta contekan © berbagai sumber

foto: Twitter/@vibeayy

4. Semua-muanya kok nyontek gini sih ya?

Chat minta contekan © berbagai sumber

foto: Twitter/@king_waalls

5. Tugas apa nih? Nyapu, ngepel, atau cuci piring?

Chat minta contekan © berbagai sumber

foto: Twitter/@naonatuha

6. Hmmm, sebuah modus menyontek secara terselubung.

Chat minta contekan © berbagai sumber

foto: Twitter/@hwhyunjnn_

7. Nah, gini, kasih jawaban yang tegas!

Chat minta contekan © berbagai sumber

foto: Twitter/@farandom_

8. Mending juga uangnya disimpan atau ditabung.

Chat minta contekan © berbagai sumber

foto: Twitter/@jeongwuok

9. Ngechat kalau ada butuhnya doang.

Chat minta contekan © berbagai sumber

foto: Twitter/@seokjinielucky

10. Jangan malas. Apa nggak kasihan sama orangtua yang kerja keras buat nyekolahin kalian?

Chat minta contekan © berbagai sumber

foto: Twitter/@wh0psiiesss

11. Kasih tahu nggak nih, guys?

Chat minta contekan © berbagai sumber

foto: Twitter/@mashaechan00

12. Oh, tentu saja tidak kawan~

Chat minta contekan © berbagai sumber

foto: Twitter/@munchkinpump