Brilio.net - Beberapa tempo lalu sebuah video yang memperlihatkan 'wajah' kota Jakarta seperti di Seoul, Korea Selatan, viral di media sosial. Video itu pertama kali dibagikan oleh akun TikTok @suryadanna, sang kreator.

Dalam video tersebut terlihat pemandangan kota Jakarta yang terlihat keren dan indah. Selain itu yang membuat video ini jadi ramai adalah backsound lagu Korea yang dipakai untuk video.

Tak sedikit warganet yang merasakan atmosfer Kota Jakarta dalam video itu seperti di Seoul, Korea Selatan. Pemilik akun juga memotret sudut Kota Jakarta yang terlihat berbeda.

@suryadanna

Hp ku sampe basah hiks. ##jakarta ##fypgakni ##fyp ##fyp ##foryourpage

original sound - Lee Ann

Loading...

Video viral ini hasil karya pria bernama Surya Danna. Surya yang berdomisili di Jakarta ini memang akrab dengan suasana Kota Jakarta. Apalagi dia bekerja di sebuah tempat, yang membuatnya sering mondar-mandir melewat gedung tinggi dan stasiun kereta.

Saat dihubungi oleh brilio.net, Surya menjelaskan bahwa dirinya memang hobi membuat konten video. Ia terinspirasi oleh pengguna TikTok lainnya, yang membuat konten sejenis. Barulah kemudian saat ia menonton drama True Beauty, Surya terpikirkan membuat video dengan backsound lagu Korea.

"kepikirannya itu ya karena aku nonton drama True Beauty, terus aku masukin lagunya ke videoku, terus masyarakat suka dan minta terus," kata Surya.

Video suasana Jakarta dengan vibes luar negeri itu rata-rata dilihat oleh lebih dari 1 juta orang. Tapi siapa yang sangka bahwa semua produksi dilakukan menggunakan HP.

jakarta rasa seoul © Berbagai Sumber

foto: Instagram/@suryadanna

Menilik Instagram miliknya, ia pernah mengatakan bahwa video yang dibuatnya direkam hanya dari kamera HP. Tak banyak teknik khusus yang diterapkan saat proses produksi.

"sebenernya nggak ada teknik khusus, jadi cuma ambil video sebanyaknya di satu spot dan pilih yang paling bagus. Terus diedit warnanya supaya lebih terang, supaya tone-nya lebih menarik, terus tambahin lagu yang emang cocok sama videonya," jelas Surya.

Karena rajin mengunggah konten video, membuat Surya banjir pujian dari warganet. Bahkan ada beberapa warganet yang request dibuatkan video dengan konsep yang tak kalah unik.

Pria yang bekerja kantoran ini bahkan diundang oleh Anies Baswedan. Surya cukup kaget dan tak menyangka bisa diundang oleh gubernur DKI Jakarta itu. Kepada brilio.net dia menceritakan pengalamannya bertemu dengan Anies Baswedan.

jakarta rasa seoul © Berbagai Sumber

foto: Instagram/@suryadanna

"Selain seneng, kaget dan nggak nyangka. Karena bener-bener berawal dari hobi, secepet itu (bisa diundang). Di-notice sama pemprov DKI, sempet kasih kamera karena mereka tahu aku cuma pakai handphone," cerita Surya.

"Terus yang berkesan itu Pak Anies nggak nuntut yang gimana-gimana sama aku. Beliau nggak nyuruh rekam ini rekam ini. Jadi dia cuma kasih apresiasi ke aku karena beliau suka sama videoku," sambungnya.

Bukan cuma viral di Indonesia, rupanya video pemandangan Kota Jakarta juga ramai ditonton sampai ke luar negeri. "Kan videoku juga viral sampai ke luar negeri. Sampai Filipina, Singapura, Malaysia. Karena di TikTok ketahuan video kita ditonton dari negara mana," jelasnya.

jakarta rasa seoul © Berbagai Sumber

foto: TikTok/@suryadanna

Bukan hanya pujian yang membanjiri kolom komentar postingan media sosialnya. Tapi ada yang sampai terinspirasi oleh karya Surya, dan membuat konten sejenis dengan view yang berbeda.

"Nah ini yang bikin aku semangat ngonten. Mereka yang dari kota lain itu ngetag video hasil karya mereka ke aku," pungkasnya.

Surya juga berpesan untuk terus berkarya, nggak perlu terlalu memikirkan alat dan teknik. Karena bila tak memulai sedari dini, ide kreatif yang ada tidak tersalurkan.

@suryadanna

Shot on iphone, thank u kakanya udh mau kurekam dadakan siapa lagi yg mau masuk videoku? ##Jakarta ##fypgakni ##fyp ##fyp ##foryourpage

Yours (feat. LeeHi, CHANGMO) - Raiden & CHANYEOL