Brilio.net - Tiktok seakan menjadi candu baru bagi pencinta media sosial berbasis video. Pengguna media sosial bisa berkreasi menambahkan musik, teks, hingga efek tertentu di video TikTok. Saling timpal konten lewat fitur duet juga bisa dilakukan di TikTok. Apalagi kalau videomu bisa masuk For Your Page (FYP), pintu viral ke platform media sosial lain benar-benar terbuka lebar.

Nah, Sobat Brilio pernah nemu nggak sih caption pengguna TikTok seperti "Tanpa pakai caption dan hashtag tertentu, kalau ini FYP, berarti video ini buat kamu". Ada juga yang pakai satu tagar atau hashtag seperti #fyp, sudah bisa masuk FYP. Ada pula yang cuma nulis caption tanpa hashtag, juga bisa FYP. Bingung kan, gimana caranya kontenmu masuk FYP hingga viral ke mana-mana?

Sebagai informasi, konten TikTok bisa FYP atau masuk ke beranda merupakan video rekomendasi yang sudah disukai dan ditonton banyak orang. Bahkan, konten FYP ini bisa muncul di beranda tanpa harus dicari di laman pencarian, lho.

Nah, Brilio.net punya rahasia biar kontenmu masuk FYP, seperti disarikan dari berbagai sumber, Kamis (4/2). Simple tapi kalau kamu telaten, siap-siap jadi artis TikTok, ya.

1. Ikuti tren dan challenge.

Loading...
@oppoindonesia

Yuk, ikut ramaikan "Clearly Your Expression" Dance Move dan tunjukkan warnamu! ##ClearlyYourExpressionDance

Clearly Your Expression Dance - OPPO Indonesia

Keajaiban media sosial adalah membuat sesuatu menyebar ke seluruh penjuru dunia dalam sekejap. Ini juga terjadi pada tren dan challenge yang digandrungi warganet. Sobat Brilio bisa menarik benang merah tren dan challenge yang sedang viral lewat seringnya konten bertema sama muncul di beranda.

Tren dan challenge ini juga cepat berganti. Misal kemarin-kemarin viral tren video "Cantik doang, tapi nggak berani diajak ke pelaminan", nanti dalam hitungan minggu sudah berganti tren lain. Berlaku juga challenge joget yang selalu ada aja gerakan baru. Jadi, jika mau videomu masuk FYP, kudu rajin update tren dan challenge yang sedang hits di TikTok, ya.

2. Unggah ulang ke media sosial lain.

6 Rahasia video TikTok masuk FYP dan trending, pemula wajib tahu berbagai sumber

foto: Istimewa

Untuk kamu yang baru memulai bikin konten TikTok, butuh strategi memperkenalkan akunmu ke kawan dan kenalan. Mula-mula bagikan konten TikTok-mu ke Instagram maupun Twitter. Ini untuk menarik orang mengunjungi akun TikTok-mu dan menonton konten-konten yang kamu unggah.

Bikin konten menarik untuk TikTok juga nggak bisa asal. Kamu harus punya 'senjata' ampuh menghasilkan video berkualitas. Nah, kamu bisa mengandalkan kamera smartphone yang dibekali fitur AI Highlight Video, seperti yang tersemat pada Oppo Reno5 5G. Yup, berkat teknologi Artificial Intelligence (AI), kamu bisa bikin video berkualitas pakai kamera belakang Oppo Reno5 5G yang mengusung empat kamera, yakni 64MP Main Camera F1.7 + 8MP Ultra-wide Angle Camera F2.2 + 2MP Macro Camera F2.4+ 2MP Mono Camera F2.4.

Fitur AI Highlight Video yang tersedia di kamera depan dan belakang Oppo Reno5 5G ini bisa kamu gunakan untuk bikin video pada siang hari lewat HDR Live dan malam hari dengan Ultra Night Video. Untuk video siang hari, HDR Live akan otomatis bekerja menghasilkan tampilan subjek dan latar belakang yang terlihat sama jelasnya dalam keadaan dengan cahaya latar belakang kuat. Sementara dalam pembuatan video malam hari, kamera Oppo Reno5 5G akan otomatis mengaktifkan algoritma Ultra Night Video untuk mengoptimalkan kualitas video terlihat cerah, tajam, dan alami.

@oppoindonesia

Rekam video di malam hari tetap terang dengan Ultra Night Video OPPO Reno5!

original sound - OPPO Indonesia

3. Bikin konten yang meningkatkan engagement.

6 Rahasia video TikTok masuk FYP dan trending, pemula wajib tahu   berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jangan berkecil hati kalau konten TikTok kamu belum juga masuk FYP. Jurus lain yang wajib kamu coba yaitu bikin konten yang meningkatkan engagement alias interaksi dua arah antara pemilik akun dengan penikmat konten. Biar engagement TikTok tinggi, kamu bisa membuat konten unik. Misalnya bikin video yang memanfaatkan fitur kamera Portrait Beautification Video Oppo Reno5 5G.

Fitur Portrait Beautification Video mendukung penggunaan kamera depan yang mampu mendeteksi sebanyak 194 titik fitur wajah utama untuk memberikan efek kecantikan alami pada video potret. Nah, misal kamu bikin video review produk pakai kamera depan Oppo Reno5 5G ini, hasilnya bakal menunjukkan kecantikan alamimu, lho. Soalnya fitur berbasis teknologi AI ini didesain mengenali jenis kelamin, usia, dan informasi lebih lanjut tentang subjek dan memberikan efek kecantikan yang disesuaikan.

Selain itu, kamu juga bisa mempercantik kontenmu secara teknis. Di TikTok tersedia efek-efek, penambahan teks, hingga pengaturan durasi. Kamu juga bisa mengedit videomu dengan aplikasi tersendiri. Misalnya pakai SOLOOP. Aplikasi video eksklusif antarmuka ColorOS 11.1 di kamera Oppo Reno5 5G ini menyuguhkan filter, musik, hingga template yang bikin kontenmu ditonton banyak orang dan banjir komentar.

6 Rahasia video TikTok masuk FYP dan trending, pemula wajib tahu   berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

4. Perhatikan caption dan hashtag.

6 Rahasia video TikTok masuk FYP dan trending, pemula wajib tahu berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Mencoba tips dasar masuk FYP dengan menggunakan caption dan hashtag pada konten tetap wajib kamu coba. Kedua poin ini bisa membantu orang lebih paham apa yang hendak kamu sampaikan di video.

Untuk caption, pastikan jangan terlalu panjang, sisipkan pertanyaan atau humor, dan pancing rasa penasaran orang lain. Nah, kalau videomu terdiri dari beberapa part, boleh kasih caption 'part 1' kalau teks keterangannya sudah ada dalam video, atau sekalian beri keterangan misalnya ‘tips makan gratis part 1’. Jadi, orang akan paham bahwa kontenmu terdiri dari beberapa part sehingga penasaran nonton part selanjutnya.

Sementara untuk hashtag, coba cek dulu ke menu 'Discover' atau 'Temukan'. Di sana ada berbagai hashtag yang trending. Biasanya ditandai ikon ‘fire’ atau angka yang menunjukkan besar volume hashtag itu dipakai. Tapi pastikan kontenmu sesuai dengan hashtag yang lagi trending, ya. Tak lupa, maksimalkan penggunaan hashtag khusus FYP seperti #fyp, #foryou, dan sebagainya.

5. Gunakan lagu yang populer di TikTok.

6 Rahasia video TikTok masuk FYP dan trending, pemula wajib tahu   berbagai sumber

foto: Instagram/@rajaregar via Instagram/@oppoindonesia

Daya tarik TikTok adalah memperkenalkan lagu-lagu yang asyik banget didengarkan. Mau mellow sampai jedag-jedug buat goyang, semua ada di sana. Belum lagi kalau dibawakan ulang dengan cara diremix atau pakai instrumen alat musik daerah, bikin pengguna TikTok berbondong-bondong pakai lagu tersebut untuk konten.

Nah, kamu bisa memanfaatkan lagu-lagu yang populer di TikTok sebagai backsound kontenmu. Tapi, butuh ketelatenan milihin lagu yang cocok dengan kontenmu. Tips sederhananya, sekalinya nemu konten dengan lagu asyik, langsung tap ikon bulat yang berputar di pojok kanan bawah untuk menyimpannya lewat menu 'Simpan'. Kamu bisa menggunakannya pada lain kesempatan saat akan mengunggah video. Kamu juga bisa langsung bikin video saat itu juga dengan tap 'Gunakan suara ini' di bagian bawah layar setelah tap ikon bulat tadi.

6. Berinteraksi dengan pengguna lain.

6 Rahasia video TikTok masuk FYP dan trending, pemula wajib tahu   berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Interaksi antarpengguna TikTok nggak cuma di kolom komentar. Banyak banget pengguna TikTok yang membuat video khusus, semacam video balasan, dengan mengunggah komentar pengguna lain. Misalnya kamu mendapat komentar "Share tutorial bikin alis cetar, Kak!" di video tutorial makeup milikmu. Nah, komentar ini bisa kamu sertakan di video baru tentang tutorial bikin alis. Interaksi dua arah ini bakal melejitkan engagement seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Bentuk interaksi dengan pengguna lain juga bisa kamu praktikkan lewat fitur live streaming di TikTok. Format interaksi ini akan menghubungkanmu secara langsung dengan pengguna TikTok lain. Kamu juga bisa mendapatkan feedback untuk memperbaiki atau menambah ragam konten TikTok-mu.

Nggak pede live streaming? Eits, kalau mengandalkan Oppo Reno5 5G yang mengusung kamera depan 32MP Selfie Camera dengan resolusi 1080P/720P@30fps, nggak usah khawatir video live streaming kamu jelek. Live streaming semakin maksimal karena baterai 4300mAh Oppo Reno5 5G bisa bikin kamu bebas khawatir baterai boros. Kalaupun baterai habis, durasi charging-nya juga nggak lama. Berkat 65W Super VOOC 2.0, kamu bisa mengisi daya baterai 100% dalam waktu 35 menit aja, lho.

6 Rahasia video TikTok masuk FYP dan trending, pemula wajib tahu berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Nah, gimana Sobat Brilio? Siap bikin konten TikTok langganan masuk FYP? Yuk, cari ide menginspirasi lewat internet. Dengan mengandalkan Oppo Reno5 5G, kamu akan terhindar dari buffering nonton video saat cari ide konten TikTok. Secara teori kecepatan, teknologi 5G Oppo Reno5 versi terbaru ini memiliki uplink rate sebesar 500 Mbps dan downlink rate 2.4 Gbps yang membebaskanmu dari kekhawatiran mengalami buffer ketika streaming konten favorit berkualitas HD atau 4K di internet.

Penasaran dengan Oppo Reno5 5G? Nantikan peluncuran perdananya pada Jumat (5/2). Pastikan kamu nggak ketinggalan pre ordernya hanya sampai hari ini, Kamis (4/2) di Shopee maupun jaringan resmi Oppo Indonesia. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.