Brilio.net - Ungkapan bahwa Yogyakarta adalah kota yang istimewa nyatanya memang benar adanya. Tak hanya objek wisatanya, kebaikan dan keramahan warganya pun sukses membuat siapapun terpikat untuk mengunjungi Kota Gudeg ini.

Hal itu pun turut dirasakan oleh dua orang bocah asal Kebumen berikut ini. Saking inginnya merasakan suasana Kota Jogja di malam hari, mereka pun nekat berkunjung dengan menggunakan sepeda motor. Sayangnya, ketika hendak pulang, dua anak tersebut justru tersesat.

Malangnya lagi, uang yang mereka bawa pun telah habis. Sementara itu, bensin di motor pun makin menipis. Beruntungnya, terdapat seorang bapak yang berbaik hati pada mereka.

Dilansir brilio.net dari grup Facebook Info Cegatan Jogja (ICJ), Rabu (18/11), laki-laki bernama Saiful Hadi itu lantas membantu menunjukkan jalan kepada mereka.

Loading...

"Sepulang saya kerja jaga malam dari Jalan Solo, di utara lampu bangjo Pojok Beteng Wetan (jam 06.15) ada dua remaja pengendara sepeda motor yang bingung arah, tanya mau pulang ke Kebumen. Tanya pedagang KR diterangkan masih belum paham, karena bahasa 'ngapak' nya, sehingga kurang nyambung. Terus sy dekati, saya ajak minggir saya tanya," tulis Saiful Hadi mengawali.

Dari situ, Saiful lantas mengetahui bahwa kedua bocah tersebut berangkat ke Malioboro dari rumahnya pada Senin sore. Awalnya, mereka pun pergi berempat dengan dua sepeda motor. Akan tetapi, dua bocah ini malah terpisah dari temannya.

Mereka pun tidak membawa identitas diri dan hanya berbekal STNK. Sementara itu, bocah yang dibonceng pun tidak memakai helm.

"Senin sore mereka berangkat ke Malioboro 4 orang (2 sepeda motor), karena saking penginya ke Malioboro malam hari, pulang tertinggal atau ditinggal rombongannya, saya kurang tau, yang jelas terpisah dari temannya. Tidak bawa identitas tapi bawa STNK, yg bonceng tidak bawa helm," lanjut Saiful.

bapak tolong 2 anak Kebumen © Facebook

foto: Facebook/Saiful Hadi

Melihat wajah kedua bocah yang memelas, Saiful lantas mengantar mereka pulang dengan menyusuri jalan yang sebelumnya dilewati. Dirinya lalu membiarkan kedua anak tersebut melanjutkan perjalanannya sendiri saat mereka telah mengingat jalan menuju arah rumahnya.

Namun sebelum itu, Saiful pun mengajak mereka untuk mengisi perut dahulu. Tak hanya itu, ia bahkan membelikan 2 liter bensin agar sang anak dapat berkendara sampai rumah.

"Saya tanya, 'Kalau kehabisan bensin terus gimana yang pulang?' Mereka hanya diam seperti orang bingung. Wajahnya memelas, dari malam sampai pagi tidak makan sama sekali. Saya tanya kemarin berangkat lewat mana, katanya lewat Bantul. Akhirnya saya ngalahi lewat Jalan Bantul. Sampai Cepit mereka masih belum ingat, terus saya isikan bensi 2 liter," tulisnya.

bapak tolong 2 anak Kebumen © Facebook

foto: Facebook/Saiful Hadi

"Saya ajak ke selatan terus dan mereka ingat ketika sampai Klodran, ada Masjid Agung. Karena uang terakhir 10 ribu sudah dibelikan bensin pas mau sampai Malioboro, jadi (mereka) pasti pada lapar. Saya ajak makan di angkringan, mereka tidak mau. Saya minta nomor WA-nya untuk saya hubungi bila sudah sampai Kebumen. Akhirnya sedikit saya sangoni utk jok bensin dan saya suruh ngabari bila sudah sampai," lanjut Saiful.

Masih pada postingan yang sama, Saiful lantas mengatakan bahwa pukul 09.00 pagi kedua bocah tersebut pun memberi kabar jika mereka sudah sampai rumah. Dirinya pun mengaku ikhlas dan senang lantaran bisa menolong dua anak yang kesusahan tersebut.

"(Saya) niat menolong, urusan dibohongi, bukan urusanku. Dan yang saya ingat betul ketika pamit saya, mereka doakan saya, 'Semoga bapaknya rezekinya lancar'. Sekitar jam 9 pagi tadi ngabari kirim foto bila sudah sampai Kebumen. Alhamdulillah," pungkas Saiful.

bapak tolong 2 anak Kebumen © Facebook

foto: Facebook/Saiful Hadi

Aksi Saiful itu pun kemudian menuai banyak pujian. Pada unggahan yang telah mendapat lebih dari 30 ribu likes itu, netizen pun mengungkapkan kesalutannya atas ketulusan Saiful dalam membantu orang lain.

"Kata kata yg saya suka dari bapak adalah 'niat menolong jika di bohongi itu bukan urusanku' ini adalah kata kata orang ikhlas dan semua lillahita'ala...sehat terus nggih pak..doa orang banyak memberkati hidup bapak..aamiin," tulis Hanry Jensoed.

"Njenengan saya nobatkan jadi agen wonderful Indonesia cabang Yogyakarta pak. Dengan gelar bintang 5. Karena postingan njenengan ini, pasti akan menaikan tingkat kunjungan ke wilayah DIY," sambung Huda Sasmito.

"Terharu saya membaca post ini.., aku membayangkan bagaimana jika ini terjadi sama anakku, atau keluargaku yang punya keinginan untuk pergi ke luar kota dan kehabisan uang.. Ya alloh.. Untung ada bapaknya yang ikhlas menolong mereka.., semoga alloh selalu melindungi kalian.. Dan buat bapaknya semoga alloh membalas semua kebaikan bapak dan di lancarkan rejekinya," tulis Anggun Reva Beby.

"Saya sebagai warga kebumen yg pernah numpang tgl dijogja 4th lebih mengucapkan terimakasih karena bapak sudah membantu warga kebumen supaya bisa pulang ke rumah. Semoga jadi ladang amal buat bapak, sehat selalu, dimudahkan rejekinya. Aamiin," sambung Rina Wahyudi.