Brilio.net - Keberadaan aplikasi berbasis navigasi seperti Google Maps sedikit banyak telah mempermudah aktivitas kita sehari-hari. Dengannya, kini kita tak perlu khawatir dan kebingungan ketika harus berkunjung ke suatu tempat, tetapi tak mengetahui letak pastinya.

Namun demikian, harus diakui bahwa kadang kala arah yang ditunjukkan oleh Google Maps ini justru mempersulit penggunanya. Bagaimana tidak, alih-alih mengarahkan ke medan yang mudah untuk dilalui, ia justru menunjukkan jalan yang sulit dan berbahaya untuk dilewati.

Momen ini juga dirasakan oleh sejumlah wisatawan lokal berikut ini. Dikutip brilio.net dari akun TikTok @prettygirlul, Senin (9/11), pada awalnya perempuan yang tak menyebutkan namanya ini ingin berwisata ke Curug Cikuluwung.

Dari kediamannya, bersama sang teman, ia pun mengendarai sepeda motor dengan dibantu oleh Google Maps sebagai penunjuk jalan. Akan tetapi, bukannya diarahkan ke jalan yang mudah dilalui, ia justru 'dipandu' melewati jembatan berbahaya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dari penelusuran, diketahui bahwa lokasi jembatan itu berada di Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Di balik medannya yang berbahaya, ia rupanya menghubungkan sejumlah tempat wisata cantik, seperti Waduk Gunung Bubut dan Tangga PLTA Tracak.

Dari video yang ada, tampak bahwa kondisi jembatan tersebut basah dan licin lantaran baru saja diguyur hujan. Lebih jauh, terlihat pula jika di bawah jembatan tersebut terdapat sebuah sungai dengan aliran air yang cukup deras dan penuh batu.

"Perjuangan banget ya kawan mau ke curug, Google maps ngarahin lewat sini, jalannya hancur banget, mana habis turun hujan," tulis wanita itu pada video unggahannya.

@prettygirlul

perjuangan sekli ##fyp ##zoommyface ##GoyangKelapa ##enaknyakemana ##foruoy

Dominique Koplo - yofve squidward

Tak butuh waktu lama, video yang diunggahnya itu lantas menjadi viral di media sosial. Terhitung hingga kini, ia telah ditonton oleh lebih dari 159 ribu warganet dan mendapat likes lebih dari 9 ribu.

Sementara itu, melalui kolom komentar netizen pun memberi tanggapan yang beragam. Mulai dari yang serius hingga kocak.

"Udah 2 kali gue lihat fyp orang nyasar di sini wkwk," tulis @bilwuttt.

"Tips pilih rute mobil aja, karena di curug nggak ada tol jadi kalian aman. gue juga selalu diarahin ke tebing-tebing yg bikin ngeri akhirnya sekarang pake rute mobil kalau mau ke curug," sambung @notyourbb.

"Gue mau tanya serius, sebenarnya maps ngarahin halan itu referensinya dari mana," komentar @rdwnasgf_.

"GUA PERNAH KESANA HAHAHAHA SERU WOI JALANNYA," tulis akun @neptune.

(brl/gib)