Brilio.net - Membaca Alquran merupakan salah satu ibadah yang dapat dilakukan oleh umat muslim. Alquran merupakan kitab suci bagi umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril secara berangsur-angsur atau bertahap.

Alquran memberi petunjuk jalan yang lurus dan memberi bimbingan kepada umat manusia di dalam menempuh perjalanan hidupnya agar selamat di dunia dan akhirat. Alquran sendiri terdiri atas 30 juz dengan 114 surat, 6.236 ayat, 74.437 kalimat dan 325.345 huruf.

Nabi Muhammad bersabda, "Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya." (HR. Bukhari)

Salah satu surat dalam Alquran adalah surat Al Mulk. Surat Al Mulk adalah golongan surat Makkiyah yang merupakan surat ke 67 dalam Alquran dan terdiri atas 30 ayat. Al Mulk memiliki arti kerajaan.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (27/6), Surat Al Mulk menjelaskan tentang kebesaran Allah yang menguasai alam semesta serta mengetahui semua rahasia langit dan bumi.

Loading...

Surat Al Mulk dianjurkan untuk dibaca setiap hari khususnya sebelum tidur sebagaimana yang disebutkan dalam hadist berikut:

"Telah menceritakan kepada kami Huraim bin Mis'ar At Tirmidzi telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Iyadh dari Laits dari Abu Az Zubair dari Jabir bahwa,

“Tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidur hingga beliau membaca Alif laam miim tanzil (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al Mulk)."

(HR At Tirmidzi)

- Keutamaan Surat Al Mulk

Seorang muslim akan mendapatkan beberapa keutamaan dari surat Al Mulk apabila senantiasa membaca dan mengamalkannya dalam keseharian. Adapun keutamaan-keutamaan tersebut sebagai berikut:

1. Dosanya terampuni oleh Allah.

Dari Abu Huroiroh, Rasulullah bersabda:

"Ada surat dari Alquran yang terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi 'temannya' (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk." (HR. Abu Dawud dg redaksinya, diriwayatkan pula oleh at-Tirmidzi dan yang lainnya.

Hadits tersebut shohih dan telah di-shohih-kan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim, dan adz-Dzahabi, sedangkan at-Tirmidzy dan Albani menghasankannya)

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa dengan membaca surat Al Mulk, seorang muslim akan mendapatkan syafa'at serta akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah apabila membaca Al Mulk setiap hari.

2. Terhindar dari siksa kubur dan siksa neraka.

Dari Abdulloh bin Mas'ud mengatakan:

"Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajall menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah-shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya "al-Mani'ah" (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan." (HR. Nasa’i dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh al-Hakim dan ia mengatakan: sanadnya shohih, dan dihasankan oleh Albani)

Hadits tersebut memberikan keterangan bahwa seorang muslim yang memperbanyak membaca surat Al Mulk maka akan dihindarkan dari siksa kubur dan siksa neraka yang amat pedih.

3. Jauh dari maksiat.

Dijelaskan oleh Syaikh As Sa'di:

"Mereka takut pada Allah dalam setiap keadaan sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian. Mereka pun tidak mengurangi ketaatan mereka ketika itu."

Allah berfirman dalam Alquran surat Al Mulk ayat 12 yang berbunyi:

Keutamaan membaca surat Al Mulk  © 2020 brilio.net

"Innallaziina yakhsyauna rabbahum bil-gaibi lahum magfiratuw wa ajrung kabiir."

Artinya:

"Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya Yang tidak nampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar."

Dari sebuah hadits dan firman Allah diatas, disebutkan bahwa orang yang taat pada Allah adalah orang yang tetap taat meskipun tidak ada yang melihat. Pada intinya orang yang beriman adalah orang yang taat pada Allah meskipun di dalam kesunyian dan takut melakukan perbuatan maksiat kepada Allah.

4. Menjadikan seorang muslim bertawakal.

Dalam surat Al Mulk ayat 15, Allah berfirman:

Keutamaan membaca surat Al Mulk  © 2020 brilio.net

"Huwallazii ja'ala lakumul-arda zalulan famsyu fii manaakibihaa wa kulu mir rizqih, wa ilaihin-nusyur."

Artinya:

"Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan."

Dalam ayat tersebut Allah menunjukkan dengan disyariatkannya tentang perintah berjalan di muka bumi untuk mencari rizki dengan berdagang, bertani, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa tawakkal bukan berarti hanya berserah diri pada Allah melainkan juga bekerja dan berusaha. Dengan membaca surat Al Mulk, akan menjadikan seorang muslim lebih bertawakal kepada Allah.

5. Dimasukkan ke dalam surga.

Anas bin Malik mengatakan, Rasulullah bersabda:

"Ada surat dari Alquran, ia hanya terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat membela 'temannya' sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok." (HR. Thobaroni dalam Mu'jamul Ausath, dan dihasankan oleh Albani dalam Shohihul Jami')

Seorang muslim yang memperbanyak membaca surat Al Mulk, maka akan di masukkan ke dalam surga, seperti penjelasan dari hadits di atas, surat Tabarok adalah surat Al Mulk.