Brilio.net - Dalam sebuah rumah, ada banyak sekali ruangan-ruangan memiliki fungsi penting, mulai dari kamar, ruang tamu, dapur, hingga kamar mandi. Setiap sudut ruangan ini pun harus diperhatikan kebersihannya agar penghuni rumah merasa nyaman. Misalnya saja kamar mandi, jika tidak dibersihkan secara berkala, maka akan menumpuk banyak kumat dan membuat tampilan kamar mandi menjadi tidak enak dilihat.

Banyak orang membersihkan kamar mandi hanya seadanya saja. Padahal, setiap sudut kamar mandi bahkan sampai ke dindingnya harus dibersihkan lho. Terlebih lagi kloset yang mudah sekali muncul noda. Noda ini bisa disebabkan oleh penumpukan kotoran, mineral, dan air.

Dikutip dari Express UK, air yang mengandung mineral, disebut air sadah, tidak merusak pipa ledeng, tetapi kalsium yang tertinggal di mangkuk kloset terakumulasi dan menjadi semakin buruk seiring berjalannya waktu. Endapannya juga menjadi lebih membandel dan berkerak. Semakin kamu menunda untuk membersihkan noda-noda ini, semakin sulit juga untuk membersihkannya.

Di luar sana memang banyak tersedia cairan pemutih kloset, namun seringkali produk ini memiliki risiko karena mengandung bahan kimia. Produk pembersih mengandung zat kimia yang berbahaya, seperti natrium hipoklorit, yang bisa menyebabkan iritasi mata, hidung, tenggorokan, paru-paru, lambung, dan kulit.

Selain itu, cairan pemutih juga bisa merusak kloset itu sendiri jika digunakan terlalu sering atau terlalu banyak. Cairan pemutih bisa mengikis lapisan pelindung keramik, membuatnya lebih mudah berkerak, berkarat, atau berjamur.

Tapi nggak perlu khawatir, karena sudah ada satu bahan alami yang ramah lingkungan untuk membersihkan kloset yang kotor. Trik ini pun telah diterapkan oleh pemilik akun YouTube Jhon Hen.

Dalam video tersebut, dia justru menggunakan jenis bebatuan yaitu batu apung. Siapa sangka batu yang biasanya digunakan untuk menggosok kulit, ternyata bisa digunakan untuk menggosok kloset yang berkerak.